20 December 2017

Gerakan Nagari Elok Sejahtera II, Bank Nagari Kembali Bersinergi Dengan Pemda dan Mitra Usaha



AGAM, (GemaMedianet.com) — Bank Nagari kembali membuktikan dirinya sebagai bank kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Kali ini lewat gerakan Nagari Elok Sejahtera, Bank Nagari tampil bersinergi dengan Pemerintah daerah bersama mitra usaha dalam rangka pengembangan usaha berkaitan dengan aksi perkebunan dan peternakan. 

Setelah Tanah Datar, Program Nagari Elok Sejahtera kali ini menyasar Kabupaten Agam. Peluncurannya dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat yang dilaksanakan GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubuk Basung Sabtu (18/12/2017). Terdapat banyak kegiatan yang akan dilakukan pada peluncurannya kali ini berkaitan dengan edukasi dan literasi keuangan.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di kesempatan itu mengatakan, Nagari Elok Sejahtera (NES) merupakan sebuah konsep perpaduan antara berbagai pemangku kepentingan untuk mengarahkan pada satu tujuan dalam mensejahterakan petani hingga peternak.

“Konsep kawasan tetap mengenai pencapaian sasaran yakni mensejahterakan masyarakat, dan sebetulnya pendekatan itu sudah lama dilakukan dengan program Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP) yang fokus pada nagari-nagari,” kata Irwan Payitno dalam sambutannya dihadapan Pejabat Bank Indonesia, OJK, Pejabat OPD  provinsi, TP PKK Sumbar dan Agam, Bupati  dan Wakil Bupati Agam, Sekdakab Agam neserta OPD terkait, dan undangan lainnya.


Ia menyebutkan, sekarang konsep itu dibuka dengan mengajak perbankan, asuransi dan tentu pengusaha lainnya, yang sama dengan pendekatan kawasan untuk mencapai kesejahteraan pada masyarakat.

“Kalau bisa jangan lama-lama dimunculkan nomor urut NES selanjutnya. Jika perlu sampaikan pada bupati atau walikota untuk ikut dalam program tersebut. Yang mau kita dampingi, bagi yang tidak kita biarkan saja,” jelas gubernur.

Menurutnya, penguatan pembangunan nagari fokus pada sektor yang strategis, tapi harus difokuskan pada kampung yang membutuhkan. Untuk itu, gubernur mengajak memperkuat pembangunan nagari. Dilihat saat ini, setidaknya ada dua institusi yang mengapresiasi, yaitu OJK dan Bank Indonesia. “Keduanya justeru tidak diam duduk di kursi dan ruangan ber AC, tapi mereka turun kelapangan seperti saat ini,” ujarnya.

Gubernur berharap, NES harus mampu mensejahterakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, bagi yang bertanggungjawab dengan hal tersebut.“Tindak lanjuti, kerjakan, saya bakal meminta laporannya nanti, dan bagaimana persentae peningkatan pendapatan, agar bisa terukur seberapa besar peningkatan pendapatan masyarakat dengan NES,” tegasnya.


Sementara, Direktur Utama Bank Nagari Sumbar, Dedy Ihsan mengatakan, gerakan NES tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), MBS-EC, Pemprov Sumbar dan Agam, sampai saat ini dana yang sudah dikucurkan mencapai Rp 315 miliar untuk ternak sapi dengan jumlah 3.867 ekor sapi. “Ini sebagai upaya kami dalam mewujudkan SK Gubernur untuk meningkatkan ketersediaan sapi, dan daging potong di Sumbar, dan sampai saat ini, ketersediaan daging sudah mencukupi kebutuhan,” kata Dedy.

Ia juga mengatakan, jika kelebihan produksi, pihaknya bakal mencarikan pemasarannya. Seperti diketahui, sudah banyak sapi yang mulai besar, dan ini mudah-mudahan terus berkembang.

Masih menurut Dedy, dalam rangkaian NES ke 2 di Lubuk Basung ini, Bank Nagari juga memberikan edukasi dan sosialisasi mulai dari budidaya ternak, asuransi, bagaimana beternak sapi yang menguntungkan, mudahan semua itu bisa menjadi tambah wawasan pada peternak dalam meningkatkan produksi sapinya.


Tak hanya itu, kata Dedy lagi, Bank Nagari memberikan sejumlah bantuan CSR dalam bentuk saprodi peternakan, dana pendidikan untuk anak peternak dan petani, dan hal-hal terkait lainnya. Bahkan, Bank Nagari juga membuat MOU dengan BAZ. “Mudah-mudahan zakat pegawai Bank Nagari bisa disalurkan pada mustahik dengan baik, terutama untuk peningkatan produksi sapi,” tukas Dedy.

Kontes Sapi


Salah satu rangkaian kegiatan dalam Gerakan NES ini adalah digelarnya Kontes sapi. Sebanyak 32 ekor sapi yang mengikuti kontes, terbagi menjadi empat kategori diantaranya, kategori Simental Jantan dan Betina, Sapi PO Jantan dan Betina, Sapi Bali Jantan dan Betina, serta Sapi Lokal Jantan dan Betina.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang diberikan oleh Bank Nagari dan diserahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Ir. Fini Murfiani, M.Si, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Ketua PKK Sumbar Ny Nevi Irwan Prayitno, Ketua PKK Agam Ny. Vita Indra Catri dan pihak lainnya.



Berikut para pemenang gelaran Kontes sapi tersebut, yakni Untuk kategori sapi Simental Jantan, Juara I diraih Kecamatan Lubuk Basung, Juara II Tanjung Mutiara dan Juara III Palembayan. Juara Harapan Ampek Nagari. Kategori Simental Betina, Jjuara I diebut Kecamatan Tanjung Mutiara, Juara II Palembayan, Juara III Lubuk Basung, dan Juara Harapan Ampek Nagari.

Kategori Sapi PO Jantan, Juara I digondol Kecamatan Lubuk Basung, Juara II Tanjung Mutiara, Juara III Ampek Nagari, dan Juara Harapan Palembayan. Sedangkan Sapi PO Betina, Juara I diperoleh Kecamatan Tanjung Mutiara, juara II Lubuk Basung, juara III Ampek Nagari.

Sapi Bali Jantan, Juara I direbut Kecamatan Ampek Nagari, Juara II Tanjung Mutiara, Juara III Palembayan, dan Juara Harapan Lubuk Basung. Sedangkan Sapi Bali Betina, Juara I Kecamatan Tanjung Mutiara, Juara II Ampek Nagari, Juara III alembayan, dan Juara Harapan Lubuk Basung. Sapi Lokal Jantan, Juara I diperoleh Kecamatan Lubuk Basung, Juara II Tanjung Mutiara, Juara III Ampek Nagari. Sedangkan Sapi Lokal Betina, Juara I Kecamatan Lubuk Basung, Juara II Tanjung Mutiara, Juara III Palembayan, dan Juara harapan Ampek Nagari. (*)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge