21 December 2017

Dinas PUPR Sumbar Lakukan Penanganan Sementara Jalan Terban Batu Mengaum



PADANG PARIAMAN, (GemaMedianet.com) — Jalan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Sebagai urat nadi kehidupan, maka jalan yang baik tentu menjadi salah satu pendukung bagi lancarnya transportasi di tengah masyarakat.

Terlebih lagi terhadap jalan yang berfungsi sebagai jalan utama di daerah tertentu,  maka harapan pada perawatan dan pemeliharaan serta peningkatan jalan tersebut tertumpangkan pada upaya dan kebijakan pemerintah sesuai dengan tingkatannya.

Meski demikian tidak semua jalan akan berlangsung dalam keadaan baik dan normal. Karena bisa saja terjadi, akibat satu kondisi tertentu akan mempengaruhi kualitas dan keberadaannya sebagai sarana transportasi di tengah masyarakat.

Seperti jalan yang sebelumnya dalam kondisi baik, namun kemudian menjadi rusak akibat bencana maka fungsi jalan sebagai sarana transportasi jelas akan terganggu.

Belum lama ini jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam, yakni ruas jalan Sungai Limau – Sungai Geringging – Lubuk Basung terban akibat terdampak bencana. Kondisi itu salah satunya dipengaruhi tingginya curah hujan yang mengakibatkan longsor.

Tentu kondisi seperti itu tidak bisa dibiarkan berlama-lama, karena sedikit banyaknya terdampak bagi masyarakat luas. Harapan itu setidaknya tergambar dari penuturan sejumlah warga sekitar. Terlebih lagi, jalan itu merupakan akses utama bagi masyarakat sekitar, sehingga tuntutan terhadap penanganan jalan yang berlokasi di Batu Mengaum Sungai Geringging Nagari Kuranji Hulu itu perlu menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Banyak hal yang perlu menjadi perhatian dari Pemprov Sumbar, diantaranya safety bagi pengguna jalan, seperti tanda-tanda atau rambu-rambu di lokasi," terang salah seorang warga sekitar, Elias Piau.

Informasi yang dihimpun, pasca terbannya jalan tersebut pihak Dinas PUPR Sumbar telah turun ke lokasi guna menyikapi penanggulangan jalan yang terban di Batu Mengaum tersebut.

Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol menjawab www.gemamedianet.com mengatakan, terkait penanganan jalan tersebut Dinas PUPR sudah melakukan penanganan dengan melebarkan jalan di sebelahnya untuk sementara waktu.

"Hal itu kita lakukan sambil menunggu penanganan permanen yang sudah kita programkan pada Tahun Anggaran 2018," terangnya melalui whatsapp, Kamis (14/12/2017).

Ia juga menyampaikan, terimakasih atas informasi terkait penanganan sementara yang dilakukan oleh bidang Bina Marga Dinas PUPR di lokasi tersebut. "Kita akan terus koordinasikan," tukasnya. (em)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge