28 December 2017

Air Terjun Lumpo, Pesona Wisata Pessel yang Memikat



PESSEL, (GemaMedianet.com) — Pesisir Selatan (Pessel) dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Bahkan di sekujur 'Ranah Pasisie' ini tersimpan banyak pesona baik yang sudah familiar maupun yang masih perawan dan belum terjamah.

Satu persatu pesona itu tersingkap, seperti Air Terjun Lumpo di Kecamatan Bayang ini tak kalah indah dan menawannya.

Kecamatan ini terletak sekitar 75 km dari kota Padang arah ke selatan, yaitu sesudah Kecamatan Koto XI Tarusan dari arah kota Padang menuju Kota Painan ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Di keheningan dan lebatnya rimba Bukit Barisan, ternyata ada pesona 'Sarasah Panjang' yang mengundang decak.

Ini terkuak berkat kegigihan masyarakat, dimotori para pemuda nagari, laki - perempuan, tua -muda - kanak-kanak, mereka bahu membahu tak kenal lelah membuat akses jalan menuju pemandian Lubuak Panjang, yang dari atasnya ribuan kubik air meluncur, yang lebih dikenal Air Terjun Lumpo.

Kendati dengan manual dan alat seadanya, jalan ke 'Surga' alam itu kini bisa dilalui, walau masih sangat terbatas, saban minggu 600 warga Limau Gadang merengsek, hingga mimpi itu menjadi nyata.

Ini menjadi bukti, bahwa gelora gotong-royong belum lah padam. Bukti bahwa masyarakat mendambakan perubahan ke arah kemajuan.

Pelan tapi pasti, keindahan Air Terjun Lumpo akan tersiar luas, dan akan menjadi destinasi alternatif masyarakat berwisata sembari mencumbui alam yang masih natural. (spm/don)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge