28 November 2017

Walikota Surabaya Resmikan Rumah HOS Tjokroaminoto Jadi Museum


Walikota Surabaya Tri Rismaharini Resmikan Museum HOS Tjokroaminto (Foto : Ist)
SURABAYA, (GemaMedianet.com) — Upaya Pemerintah Kota Surabaya menjadikan daerahnya sebagai Kota Sejarah sekaligus melestarikan dan mengenalkan sejarah bagi generasi penerus, perlahan mulai terwujud. Hl itu ditandai dengan diresmikannya Rumah Raden Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, di Jalan Peneleh VII No.29 menjadi museum.

"Museum ini memang belum sempurna, namun ke depan akan terus kami sempurnakan sehingga jadi aset wisata pahlawan di Surabaya," kata Walikota Tri Rismaharini dalam sambutannya, Senin (27/11/2017).

Sekaitn itu ia meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Surabaya untuk terus melengkapi koleksi benda asli milik HOS Tjokoroaminoto. Risma juga minta keberadaan museum itu mudah dimengerti anak-anak.

"Nanti akan ada media interaksi, sehingga anak-anak senang. Semisal tentang siapa saja tokoh yang dulunya belajar di rumah ini," imbuhnya.

Dia menjelaskan, di kawasan Peneleh banyak peninggalan sejarah. Selain museum HOS Tojkroaminoto, tidak jauh dari sana juga terdapat rumah kelahiran presiden pertama RI, Ir Soekarno. Dalam waktu dekat, Surabaya juga akan memiliki museum Dr Soetomo di Jalan Bubutan, dan museum WR Soepratman.

Risma berharap, dengan peresmian museum ini bisa berdampak ekonomi pada warga sekitar dengan menjual olahan industri kreatif. "Ini bisa jadi kekuatan yang besar. Ini luar biasa asetnya. Bahkan, kelak bisa menjadi rezeki untuk warga. Saya harap warga di sini bisa memanfaatkan dengan menjual souvenir semisal kaos atau gantungan kunci sesuai dengan temanya. Pak RW, tolong ya (supaya masyarakat bisa menangkap peluang)," terang Risma.

Sementara cucu HOS Tjokroaminoto, Harjono Sigit yang hadir dalam peresmian itu, mengaku senang dan bangga karena rumah kakeknya dapat dimanfaatkan orang banyak. "Saya senang tentu saja dan bangga semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Harjono singkat.

Beberapa koleksi di rumah HOS Tjokroaminoto didapatkan dari bantuan keluarga dan badan arsip nasional. Pengunjung bisa melihat koleksi buku, mebel, baju, tempat tidur serta di lantai dua dimana tempat HOS Tjokroaminoto belajar melakukan pidato.

Usai peresmian secara simbolik, Walikota mengajak peserta peresmian diantaranya Kepala OPD, Undangan serta para pelajar SD dan SMP di Surabaya untuk mengelilingi museum HOS Tjokroaminoto tersebut . (skgoid/dtc/ig)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan