05 November 2017

KONI Solsel Menjadi Acuan Pergelaran PORKAB di Sumbar



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan (Solsel) menjadi acuan bagi beberapa KONI di Sumatra Barat (Sumbar). Pasalnya, KONI Solsel satu-satunya dari 19 kabupaten/kota yang rutin gelar Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) tiap tahunnya sejak 2014- 2017 ini.

Sabtu malam (4/11/2017) sekitar pukul 21.00 WIB. Ketua Umum (Ketum) KONI Sijunjung, Sasmi Ultriadi bertandang ke Solsel guna membahas langkah yang bakal dilakukan KONI Sijunjung terkait persiapan PORKAB untuk pertama kalinya dimasa Sasmi Ultriadi ini.

"Betul kita baru saja menerima kunjungan KONI Sijunjung. Hal ini sekaitan dengan studi banding ke KONI Solsel mengenai persiapan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban PORKAB," kata Ketum KONI Solsel, Mario Syahjohan pada awak media.

Mario menyebutkan, kunjungan tersebut tidak terlalu formal sebab sembari 'ngobrol' santai dan menikmati secangkir kopi di warung. "Istilahnya, obrolan santai tapi serius," ucap Mario.

Ia menambahkan, Solsel satu-satunya daerah yang rutin tiap tahun menggelar PORKAB. Selain itu, para juara di masing cabor akan dikirim untuk tingkat provinsi Sumbar. "Sehingga ada Kabupaten lain di Sumbar yang belajar ke KONI Solsel. Keberhasilan itu tak terlepas dari peran dan dukungan Pemkab Solsel serta kekompakan tiap Koordinator Olahraga Kecamatan," katanya.

Ia juga menyampaikan, perhelatan Porkab tiap tahun digilir disetiap kecamatan sebagai tuan rumah penyelenggara. Tahun 2014 di Sangir, 2015 di Sungai Pagu, 2016 di Kecamatan Sangir Jujuan. "Untuk Porkab 2017 di KPGD," lanjutnya.

Bahkan sebelumnya, Mario menjelaskan, berkat keberhasilan KONI Solsel menghelat PORKAB tiap tahun. KONI Kabupaten Mentawai ingin menerapkan pula program serupa di bumi Sikerei tersebut. Dan berkat program yang Mario gagas dengan lembaga legislatif setempat dengan menggunakan dana aspirasi anggota dewan untuk olahraga. Menjadikan KONI Kabupaten Solok mendatangi KONI Solsel untuk membuat program serupa di daerah mereka.

Mario menargetkan, KONI Solsel sebagai tuan rumah dalam ajang Porprov pada 2022 dan sebagai tuan rumah cabang silat dalam iven Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Semoga, Amin. (Humas KONI Solsel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan