Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

14 November 2017

Etape II Painan - Sawahlunto, Pebalap TdS Diinapkan di Painan



PESSEL, (GemaMedianet.com) — Pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Pesisir Selatan (Pessel) sebagai lokasi start etape 2 Painan - Sawahlunto tampaknya semakin bergairah. Setidaknya para pebalap sebelumnya diinapkan di Kota Padang, kini mulai diinapkan di Painan seiring pertumbuhan hotel dan penginapan yang terusmeningkat. Bahkan dalam memanjakan para tamu daerah itu, pebalap akan disuguhi aneka kesenian tradisional dan makanan khas Pessel.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Wendra mengungkapkan, pelaksanaan TdS kali ini beda dengan tahun terdahulu, sebab para pebalap sebelumnya menginap di Padang dan baru paginya menuju Painan untuk memulai start. "Tapi pada tahun ini para pebalap menginap di Painan, sebab Pessel telah memiliki banyak penginapan, hotel atau rest yang layak dan telah memenuhi standar sama dengan daerah lainnya," terangnya.

Ia menyebutkan Pessel sebagai daerah Pariwisata menjadikan usaha penginapan, hotel dan resort semakin banyak tumbuh di Pessel. Karena semakin banyak hotel dan penginapan pada pelaksanaan tahun ini, maka para pebalap diinapkan di Painan tidak lagi di Padang seperti tahun terdahlu. “Kita siapkan 10 penginapan, hotel dan homestay buat para pebalap," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, pelaksanaan TdS 2017 Pesisir Selatan mulai mempersiapkan diri, dan untuk mensukseskan kegiatan ini Pemkab Pessel juga mengalokasikan anggaran Rp.225 juta lebih. Bahkan semua persiapan lainnya sudah dimatangkan mulai dari kondisi jalan, rute, personil keamanan dan lainnya.

Begitu sosialisasi telah mulai dilakukan, termasuk rute dalam kota yang selalu ada setiap tahunnya. biasanya rute dalam kota mulai objek wisata Pantai Carocok - jalan pinggir Bukit Langkisau -Bundaran UHA, Jalan Pahlawan Rawang - Jalan Hamka - Rumah dinas bupati - Pasar Painan dan lanjut menuju Sawahlunto dengan panjang rute tahun 2017 sekitar 160 KM. Termasuk sosialisasi kepada masyarakat digiatkan. Sosialisasi yang bisa dilakukan dengan beberapa pihak terkait seperti Disporasenbudpar, Polisi, dan SKPD lainnya.

Sementara terkait jalan, ke depannya akan dilakukan kesiapan sarana dan prasarana seperti jalan, jembatan dan lokasi grand start semua itu nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Kondisi jalan di Kabupaten Pesisir Selatan terbilang bagus, karenanya tidak ada yang perlu diperbaiki secara umumnya. Hanya saja perbatasan Kota Padang - Pessel yang harus menjadi perhatian lebih karena menuju Padang banyak ditemukan jalan-jalan berlubang," ujarnya.

Ia menyampaikan, pelaksanaan TDS kali ini sebagai salah satu promosi pariwisata di Kabupaten Pessel. "Karena itu kita juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki ternak, ataupun acara pesta tidak menggunakan bahu jalan, dan melapas ternak pada hari H," katanya.

Ia berharap, iven TDS kali ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pessel, kabupaten sejuta pesona. "Kepada masyarakat dihimbau bisa memasang umbul-umbul di sepanjang ruas jalan yang akan dilalui para pebalap pada H-2 agar semakin semarak," tukasnya. (Don/Rel)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge