26 November 2017

DPRD Kembali Lanjutkan Seleksi Calon Komisioner KPID Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat melalui komisi I kembali melanjutkan proses seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat untuk masa tugas tiga tahun ke depan.

Setelah sempat terhenti hampir setahun, sebanyak 18 calon kemudian diuji oleh tim seleksi yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat, Achiar Bagindo Mole.

“Peserta seleksi calon komisioner sebanyak 18 orang dari semula sebanyak 21 orang. Dua orang sudah menempati pos lain sementara satu orang peserta sakit dan mengundurkan diri,” kata Achiar dalam uji kepatutan dan uji kelayakan (fit and proper test) terhadap calon komisioner KPID masa tugas 2018-2021, Sabtu (25/11/2017).

Ia menyebutkan, dari 18 calon komisioner ini akan diseleksi Lagi untuk mendapatkan tujuh calon yang akan ditetapkan sebagai komisioner KPID. Tujuh nama yang berhasil lolos fit and proper test akan disampaikan kepada gubernur melalui pimpinan DPRD untuk di-SK-kan.

Menurutnya, proses seleksi sempat tertunda selama hampir satu tahun, karena adanya aturan mengenai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Namun, pada tahun ini bisa dilanjutkan kembali dan berharap paling lambat pekan ketiga bulan Desember mendatang sudah ada keputusan.

“Kita tentu berharap bisa ditetapkan secepatnya, paling lambat pekan ketiga Desember mendatang,” ujarnya.

Masih menurut Achiar, dalam menentukan calon peserta yang akan menduduki jabatan komisioner KPID, kapasitas dan kapabilitas calon menjadi pertimbangan utama. Tim Seleksi akan melakukan uji secara ketat agar komisioner KPID ke depan adalah orang-orang yang benar berkompeten.

Ia menyampaikan, KPI merupakan lembaga yang memiliki peran strategis melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran. Pengawasan terhadap konten yang disiarkan lembaga penyiaran harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan tontonan atau informasi yang positif dan mencerdaskan.

“Komisioner KPID terpilih nantinya diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan amanah undang-undang, serta ikut mendorong kemajuan pembangunan Sumatera Barat melalui kontrol terhadap lembaga penyiaran yang sesuai dengan tujuan pembangunan bangsa,” tukasnya.

Adapun tim Seleksi calon komisioner KPID, terdiri dari seluruh anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat yaitu Achiar (Ketua Komisi), Sabrana (Wakil Ketua Komisi), Ahmad Rius (Sekretaris Komisi). Ditambah dengan anggota Aristo Munandar, Asrul Tanjung, Syafril Ilyas, Irsyad Syafar, Rahayu Purwati, Apris serta Taufik Hidayat. (em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan