01 November 2017

Disparbud Dorong Pelaku Usaha Industri Solsel Bentuk Forum Komunikasi



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solok Selatan (Solsel) mendorong pelaku usaha industri untuk memajukan sektor pariwisata di daerah itu. Salah satu upaya adalah dengan membentuk forum komunikasi pelaku industri Solsel.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Solsel, Denny Yuliandra mengatakan, di samping keyakinan akan meningkatkan promosi wisata Solsel, kegiatan tersebut sekaligus juga dapat mengetahui permasalahan ril di lapangan yang dihadapi oleh pelaku industri pariwisata dan budaya selama ini.

"Dengan ini kita juga bisa memperoleh informasi langsung dan penjelasan oleh pelaku industri pariwisata terkait permasalahan apa yang dialaminya. Sehingga nantinya hal itu menjadi bahan bagi pemerintah untuk menyusun program yang tepat sasaran dalam mengatasinya," katanya Rabu (1/11/2017).

Ia mengatakan, dari pengalokasian anggaran selama ini ternyata belum sepenuhnya sampai kepada titik persoalan yang dialami pelaku industri di lapangan. Artinya bentuk perhatian yang dicurahkan oleh pemerintah diberikan belum sesuai kebutuhan. "Dengan demikian, sia-sia rasanya dana yang kita habiskan. Tujuan inti dari penggunaan anggaran itu, ternyata belum sampai dan tercapai. Seperti pelaku industri itu butuh meja, sementara yang kita beri kursi. Ketidaktepatan sasaran inilah yang terjadi selama ini," sebutnya.

Sehingga dalam menyiasati itu, forum komunikasi antar semua elemen pelaku industri, kelembagaan dan Pemda perlu dibentuk. Dengan demikian anggaran yang dihabiskan ke depannya tidak sekedar membuat hasil, tapi lebih kepada bernilai guna. "Kegiatan ini supaya semua elemen pelaku, lembaga dan pemerintah bisa bersinergi. Artinya, apa yang menjadi kendala di lapangan, benar-benar tepat sasaran bagi fasilitas yang diadakan oleh Pemkab Solsel ke depannya," jelasnya.

Hal itu untuk memenuhi ekspektasi pelaku ekonomi kreatif terhadap Pemkab. Dikatakan demikian, karena sejauh ini, setiap kegiatan pembinaan yang dilakukan dinilai hanya sebatas seremonial yang tidak berkelanjutan. "Pola pikir seperti ini yang akan dipecahkan melalui focus group discussion (FGD) dari forum komunikasi yang dibentuk ini," pungkasnya.

Sementara, Bupati Solsel Muzni Zakaria melalui Asisten I Sekdakab Solsel Fidel Efendi menyebutkan, pengembangan pariwisata akan menjadi lebih menarik di masa depan bila konsep produk wisata saling terkait dengan lainnya. Potensi yang bagus itu akan lebih berhasil, bila dikembangkan dan dikelola dengan manajemen yang terintegrasi.

"Minimal ada empat unsur yang harus diintegrasikan, yakni unsur atraksi atau daya tarik wisata. Lalu unsur amenitas atau infrastruktur, unsur fasilitas pendukung dan unsur aksesibilitas berupa transportasi yang baik," tutupnya. (fys)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge