29 November 2017

Deteksi Dini Penyakit Kanker Serviks, Dinkes Pessel Lakukan Tes IVA


PESSEL, (GemaMedianet.com) – Guna mendeteksi dini penyakit kanker serviks bagi perempuan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melakukan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) kepada perempuan berusia 30 – 50 tahun di sejumlah puskesmas daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Syahrizal Antoni, Selasa mengatakan, hingga pekan ketiga November 2017 tes IVA telah berhasil dilakukan kepada sebanyak 1.464 perempuan. Sesuai jadwal kegiatan deteksi dini penyakit kanker serviks bagi perempuan itu akan berlanjut hingga akhir tahun 2017.

Ia menyebutkan, tes dilaksanakan di 20 puskesmas yang ada di Pesisir Selatan. Dari Puskesmas, hasil tes tersebut dilaporkan ke Dinas Kesehatan setempat.

“Tes (pemeriksaan) IVA bagi wanita ini dilaksanakan untuk mendeteksi kanker serviks pada fase pra kanker pada wanita,” terangnya.

Selanjutnya, perempuan yang telah melaksanakan tes tersebut mendapat informasi menyeluruh tentang tahapan pengobatan kanker serviks.

“Kepada mereka (perempuan yang telah di tes) akan mendapat informasi seputar penanganannya namun jika tidak tentu mereka akan lega dan hanya fokus ke pencegahannya saja, “ tukasnya. (don/04)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge