15 November 2017

Bupati Minta BP4 Kecamatan se Solok Selatan Tekan Angka Perceraian



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Angka perceraian di Solok Selatan (Solsel) hendaknya dapat ditekan menyusul dikukuhkannya Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan se Solok Selatan (Solsel) di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Selasa (14/11/2017).

Usai mengukuhkan BP4, Bupati Solsel berpesan kepada BP4 masing-masing kecamatan, agar pembinaan pra nikah dilakukan tidak hanya saat akan melaksanakan akad nikah saja, tapi juga jauh-jauh sebelum seseorang menikah diberikan pengarahan dan nasehat pernikahan.

“Kebanyakan terjadinya perceraian karena kurangnya arahan dan nasehat, baik itu sebelum menikah maupun setelah menikah,” tutur bupati.

Dengan pengukuhan BP4 di kecamatan, Bupati berharap akan dapat menurunkan angka perceraian di Solok Selatan.

Sementara Kepala Kemenag Solsel, Syahrul menyampaikan, angka perceraian di Solok Selatan cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah orang yang menikah tiap tahunnya.

Ia menyebutkan, di tahun 2016 angka pernikahan di Solok Selatan mencapai 1.191 orang melaksanakan pernikahan, dan lebih dari 240 orang  bercerai.  Sedangkan di tahun 2017, dari bulan Januari sampai Juni, tercatat sebanyak 574 orang menikah dan 122 pasang bercerai.

“Jika dipersentasekan, hampir 20 persen perceraian terjadi di tahun ini jika dibandingkan dengan angka pernikahan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, faktor utama penyebab terjadinya perceraian di solok selatan karena pasangan tersebut tidak siap dalam menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah.

“Banyak yang menikah hanya siap secara fisik, tetapi secara agama, ekonomi, kesehatan dan sosial kemasyarakat mereka belum mampu dan tidak diperhatikan,” tukasnya. (fys/rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan