29 October 2017

TIDAR Sumbar Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan Dialog Kepemudaan


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017, Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Provinsi Sumatera Barat menggelar Dialog Kepemudaan dengan tema “Kontribusi Pemuda Dalam Ruang Politik Untuk Kesejahteraan Bangsa” di New Centro Cafe, Minggu (29/10/2017) sore. 

Dialog tersebut menghadirkan narasumber Ketua TIDAR Provinsi Sumatera Barat, Mahdiyal Hasan, Ketua KNPI Sumatera Barat, Defika Yufiandra, dan Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hidayat.

Turut hadir dalam kesempatan itu Pengurus TIDAR Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, dan perwakilan sejumlah OKP, diantaranya Pemuda Muhammadiyah Sumbar, dan undangan lainnya.

Ketua TIDAR Provinsi Sumatera Barat, Mahdiyal Hasan mengawali antarannya mengatakan, bahwa pemilihan tema “Kontribusi Pemuda Dalam Ruang Politik Untuk Kesejahteraan Bangsa” erat kaitannya dengan pentingnya pemuda berada di ruang keadilan sosial. Tidak saja itu, pemuda juga harus berada di ruang kesejahteraan sosial, yang pada gilirannya kedua hal itu bermuara pada perubahan sosial.

“Pemuda hari ini tidak zamannya lagi harus berdiri di luar, namun harus ikut dalam perubahan-perubahan sosial kepemudaan,” terangnya.

Sementara Ketua KNPI Sumatera Barat, Defika Yufiandra menyampaikan, bahwa dunia politik hari ini merupakan peluang dan kesempatan bagi pemuda untuk ikut berperan bagi kesejahteraan bangsa.

Apalagi melihat sistem yang berlaku sekarang ini, sebut Ade, bahwa lembaga legislatif (DPR, DPRD) menjadi penentu dari jalannya pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Oleh karenanya peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan ikut terjun ke dalam lembaga legislatif sehingga berperan mewujudkan kesejahteraan bangsa,” kata Ade sapaan akrab Ketua KNPI Sumbar ini memotivasi.


Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hidayat di kesempatan itu mengapresiasi terselenggaranya dialog kepemudaan seperti yang diselenggarakan kali ini. “Kalau bisa kegiatan positif ini terus dilakukan di ruang-ruang terbuka seperti sekarang ini, dengan mengangkat tema kekinian,” harap Hidayat.  

Hidayat di kesempatan itu berbagi pengalamannya dari mulai menjadi mahasiswa di Fakultas Sastra Unand, hingga ikut aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan seperti di HMI, GMNI dan sejumlah organisasi kepemudaan lainnya. Dengan berbekal pengalaman di organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, termasuk bergelut di bidang pers, tahun 2014 Hidayat memberanikan diri terjun sebagai Calon Legislatif (Caleg).

“Alhamdulillah, keberhasilan itu berpihak. Saya hanya mengeluarkan dana sosialisasi yang  tidak terlalu besar, hanya sebesar Rp.30 juta. “Saya pikir ini cost yang paling kecil,” kata Hidayat.

Tantangan pemuda hari ini yang perlu disikapi, sebutnya, bahwa dari data yang ada pengangguran banyak terjadi pada lulusan S1. Bahkan hal yang memiriskan, pemuda hari ini telah menjadi subjek dari peredaran narkoba. “25 persen berasal dari pemuda dan pelajar,” tukasnya.

Di akhir acara Pengurus TIDAR Sumbar melaunching Lomba Fotografi Tugu-tugu bersejarah di Kota Padang. Lomba berlangsung dari mulai tanggal 29 Oktober hingga 8 November 2017, calon peserta dapat menghubungi panitia di New Centro Cafe GOR H Agus Salim Padang. (uki)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge