21 Oktober 2017

Pemprov Sumbar Bantu Nelayan Pariaman 40 Unit Mesin Longtail


PARIAMAN, (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menyerahkan bantuan 40 unit mesin longtail kepada nelayan Kota Pariaman. Bantuan yang berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar tersebut diserahkan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, Jumat (20/10/2017) petang.

"Bantuan ini adalah bentuk upaya untuk peningkatan kesejahteraan nelayan di Sumbar," ungkap  Nasrul Abit dalam sambutannya sebelum menyerahkan bantuan.

Wagub juga menyampaikan, untuk menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat, Nasrul Abit mendorong nelayan di Kota Pariaman memiliki usaha alternatif di darat dan tidak hanya menggantungkan hidup dari pendapatan yang didapat dari melaut. "Kita ingin tingkatkan kesejahteraan nelayan, namun susah sekarang, ikan makin sedikit karena terumbu karang dirusak, 75 persen karang kita sudah habis diracun sama nelayan asing. Jadi bapak-bapak harus punya usaha sampingan di darat," ajak wagub.

Menurutnya, usaha ini paling tidak dapat menjadi sumber pendapatan alternatif saat kondisi perairan dan cuaca tidak memungkinkan nelayan untuk melaut.

Terkait perusakan terumbu karang yang dilakukan oleh nelayan-nelayan asing di perairan Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta nelayan untuk berpartisipasi aktif memberantas praktek illegal fishing. Diantaranya dengan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dan merusak lingkungan saat menangkap ikan, dan membantu mengusir nelayan-nelayan asing yang beroperasi di perairan sekitar menggunakan alat-alat tangkap yang telah dilarang Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kok basobok, usia sajo. Kok nampak nyo mamasang lukah? Usia! Cukuik usia se, jan sampai main kekerasan. Atau kok indak, silakan lapor ka kami segera," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov untuk nelayan di kotanya.

Ia menyebutkan, intervensi pemerintah, terutama pada pengadaan mesin dan alat tangkap untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan memang sangat dibutuhkan mengingat harga mesin/alat tangkap yang terus meningkat dan semakin sulit dijangkau oleh nelayan. "Nelayan perlu sekali bantuan ini, Pak Wagub. Bantuan ini sangat berarti karena setiap saat harganya semakin tinggi," ujarnya.

Dengan adanya bantuan ini, Genius Umar berharap nelayan Kota Pariaman semakin produktif, sehingga hasil tangkap dapat meningkat. Kemudian, sejalan dengan itu, kesejahteraan ikut meningkat.

"Bapak-bapak punya keahlian (Menangkap ikan), sekarang dibantu mesin oleh Wagub kita, jadi tidak ada lagi cerita menyia-nyiakan bantuan ini dan menghabiskan waktu dengan melamun di warung. Bantuan ini harus dimanfaatkan. Mudah-mudahan dengan ini ke depannya hasil produksi kita meningkat," tukasnya. (ki/rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan