09 October 2017

Lubuk Malako Jadi Percontohan Mahasiswa Unand


SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Nagari Lubuk Malako, Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) menjadi nagari percontohan sekolah lapangan bagi mahasiswa jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas (Unand) Padang pada Minggu (8/10/2017).

Sebagai salah satu nagari yang telah melakukan terobosan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Pendapatan Asli Nagari (PAN) berkisar Rp2 miliar/tahun. Dan pemberdayaan ekonomi kreatif sehingga Nagari Lubuk Malako dilirik.

Sekitar 67 mahasiswa jurusan Administrasi Publik dan empat dosen pendamping dari Unand ikut melaksanakan sekolah lapangan dinagari itu.  "Kita mengucapkan terima kasih karena nagari Lubuk Malako dijadikan tempat perkuliahan lapangan oleh mahasiswa jurusan ilmu administrasi publik Unand. Paling tidak nagari kami telah menjadi sebuah percontohan lapangan untuk dilihat secara ilmiah oleh akademisi,"kata Walinagari Lubuk Malako, Riono Pendri, Senin (9/10/2017).

Dalam sekolah lapangan itu, kata Riono para mahasiswa membagi kelompok sebanyak 10 kelompok untuk menggali informasi nagari. Mahasiswa mewawancarai perangkat nagari, Ninik Mamak, KAN, Bamus, LPMM, PKK, Ketua dan tokoh masyakarat. "Tema yang ditanyakan telah disiapkan kelompok. Wali nagari dan Dosen pembimbing cuma memantau,"katanya.

Ia mengatakan, hasil wawancara dengan mahasiswa tentu menjadi tolak ukur informasi dan evaluasi untuk mewujudkan 'Good Govermance'. "Kami dari pemerintahan nagari sangat berharap jalinan kerjasama terus berlanjut. Hasil laporan dari perkuliahan lapangan ini akan terlihat kekurangan dalam menjalankan roda pemerintahan nagari sehingga kedepannya dapat kami tindaklanjuti sesuai harapan kita bersama untuk membangun pemerintahan yang berkualitas,"tutupnya. (Fys

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge