Sunday, October 1, 2017

Launching Pilkada Padang 2018, Komisioner KPU RI Sempat ‘Shock’



PADANG, (GemaMedianet.com) — Launching tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang 2018, sekaligus Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang yang ditabuh di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Jum’at (29/9/2017) sore sepertinya meninggalkan kesan yang mendalam bagi perwakilkan KPU RI, Wahyu Setiawan.

Pasalnya, ia mengungkapkan rasa kagetnya saat disuguhi atraksi Tari Pasambahan yang dalam gerakannya menginjak kaca bahkan berguling-guling di atas pecahan kaca bertabur di atas karpet merah.

"Saya cukup khawatir melihat atraksi Tari Pasambahan yang menginjak kaca, di Jawa pertunjukan seperti ini tidak ada," kata Wahyu dalam sambutannya di hadapan Wakil Walikota Padang H.Emzalmi, Kapolresta Padang diwakili Wakapolres AKBP Tommy Bambang Irawan, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat dan Komisioner KPU Kota Padang, Forkopimda Padang, Perwakilan Bawaslu, partai politik, media, dan beberapa anggota DPRD Kota Padang, tokoh masyarakat beserta sejumlah undangan lainnya.

Ia juga berseloroh, pantas saja pejuang dan tokoh yang banyak dilahirkan dari Ranah Minang cukup disegani oleh Kolonial Belanda. “Atraksi seperti ini saja sudah membuat Belanda ketakutan, apalagi jika sampai angkat senjata,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan dari undangan yang berhadir.

Di sisi lain dari Wahyu menyebutkan, bersamaan dengan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang, terdapat 171 daerah lain di Indonesia terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten yang mengadakan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 27 Juni 2018 nanti.

"Semoga sejarah pemilihan kepala daerah yang aman dan damai secara umum di Sumatera barat akan tetap terpelihara di masa yang akan datang," kata Wahyu.

Apresiasi RPP Kota Padang

Ia juga mengpresiasi kinerja KPUD Kota Padang yang telah menghadirkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi politik di Kota Padang. Selama ini terdapat kecenderungan setiap tahun partisipasi politik masyarakat mengalami penurunan.

"Untuk itu sebagai bagian program dari KPU RI, maka RPP Kota Padang yang merupakan RPP ke-325 di Indonesia ini dapat meminimalisir kecenderungan penurunan partisipasi politik masyarakat," ungkap Wahyu.

Satu hal yang berbeda pada Pilkada saat ini, dimana untuk semaraknya Pilkada, KPU merangkul semua unsur lapisan masyarakat, dan terkhusus bagi penyandang Disabilitas.

Sebelumnya KPUD Kota Padang, menyebutkan RPP adalah rumah pintar yang menyediakan informasi tentang perjalanan demokrasi dan tempat berbagi informasi tentang tahapan Pilkada, Pileg maupun Pilpres.

“RPP ini juga terbuka untuk umum, dan silahkan datang untuk saling berbagi informasi serta belajar bersama,” katanya.. (uki)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge