29 September 2017

Wabup Solsel Tinjau Keltan Ikan di Simancuang, Sambung Harapan Masyarakat


SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Abdul Rahman mengunjungi Karang Hitam Jorong Simancuang, Kecamatan Pauh Duo, Rabu (27/9/2017). Kedatangan orang nomor dua di Solsel ini dinilai membawa berkah bagi masyarakat yang bergabung dalam Kelompok Tani (keltan) ikan dan petani di jorong tersebut. Pasalnya, wakil bupati banyak berempati terhadap kebutuhan masyarakat setempat.

"Apa yang bisa kami bantu?" tanya Wabup kepada para petani ikan dan petani lainnya ketika meninjau langsung areal perikanan di daerah tersebut.

Menanggapi pertanyaan Wabup tersebut, Ketua Keltan Ikan, Simancuang Bersinar, Rabiul Awal langsung merespon dengan menyampaikan beberapa harapannya. "Kita butuh bantuan terkait pakan dan juga jalan untuk memudahkan membawa hasil tani,” ungkapnya didampingi Ketua Kelompok Tani Simancuang Menyala, Busra.

Terkait harapan masyarakat itu, Wabup berjanji akan berusaha menampung berbagai usulan tersebut. "Inshaa Allah, Mesin pembuat Pakan ikan beserta bahannya, kita akan usahakan untuk masuk dalam tahun anggaran 2018 besok,” ungkap Wabup sembari memerintahkan ajudan untuk langsung mencatat.

Wabup juga menyebutkan, jalan Simancuang menuju Areal Turbin, menuju lahan kolam ikan serta melalui persawahan, juga akan diusulkan tahun 2018 besok. "Kita telah lihat langsung di lapangan dan jalan tersebut memang sangat dibutuhkan petani untuk memudahkan membawa hasil tani mereka," terangnya.

Kemudian menanggapi pertanyaan salah satu warga yang hadir tentang lanjutan perbaikan Jalan Simancuang-Sungai Siriah, menurut Wabup sebenarnya sudah kita usulkan anggaran sebesar 5 Milyar tahun ini, namun ternyata belum bisa diakomodir. "Untuk tahun 2018 kita akan masukkan kembali usulan jalan ruas Simancuang tersebut," tegas wabup.

Ia berharap, agar potensi daerah Simancuang kedepannya betul-betul serius untuk dikembangkan, termasuk sektor kepariwisataan, perkebunan, perikanan, dan sektor lainnya dikarenakan potensi daerah yang masih sangat asri tersebut. "Alhamdulillah baru-baru ini kita juga sudah mulai menanam manggis sesuai dengan rencana kita semua dan tetap kita lanjutkan di tahun berikutnya," tukasnya.

Kunjungan Wabup yang didampingi Camat Pauh Duo Zamzami, Wali Nagari Alam Pauh Duo Joni Ludianto, serta OPD terkait tersebut disertai dengan makan siang bersama dengan menu hasil tani dan perikanan masyarakat yang baru saja melaksanakan panennya.

Sebelumnya, Wabup dan rombongan berjalan kaki hingga 1,5 Km menuju areal lahan perikanan kelompok tani tersebut, yang berada persis di pinggir hutan di daerah Simancuang. (fys/rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge