15 September 2017

Solsel Dahsyat ! Lima Jorong dan Ratusan Rumah Dihantam Banjir dan Lumpur



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Akibar meluapnya Sungai Batang Lolo Nagari Pakan Rabaa Tengah Solok Selatan (Solsel), sedikitnya lima jorong dan ratusan rumah warga dihantam banjir pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB (14/9/2017). 

Meluapnya Sungai Batang Lolo itu juga disertai material lumpur dan material kayu yang ikut terbawa arus sungai. Bahkan satu rumah permanen milik warga juga ikut jebol oleh terjangan material kayu.

Lima jorong yang terkena dampak meluapnya Sungai Batang Lolo meliputi, Batang Lolo Atas, Batu Kulambai, Anak Lolo Bancah, Batang Lolo dan Jorong Sungai Rambutan di Kanagarian Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). 

Meluapnya Sungai Batang Lolo itu dipicu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak pukul 21.00 WIB. Kondisi itu juga berdampak pada akses jalan nasional yang menghubungkan Muara Labuh (Solsel) - Lubuk Selasih (Solok) lumpuh total.

Pendamping PKH Dinas Sosial Solsel, Libreri menyebutkan, pihaknya tengah melakukan penjemputan peralatan dan logistik untuk mengevakuasi material serta memberikan bantuan pada warga. Namun demikian, setidaknya ada tiga personil kecamatan yang berada di lokasi, dan berkemungkinan tim kabupaten juga akan menyusul. 

Warga saat ini bersama pihak nagari, kecamatan tim BPBD, Dinas Sosial (Dinsos) Solsel dan pihak kepolisian ikut membantu membersihkan material lumpur dari dalam rumah warga. Begitu juga Sekdakab Solsel, Yulian Efi, Kepala BPBD Solsel, Editorial turun langsung ke lokasi kejadian.

“Sampai saat ini warga masih sibuk membersihkan rumah dari lumpur dan belum ada yang mengevakuasi," katanya. 

Beberapa warga melaporkan satu rumah permanen milik warga ikut jebol oleh terjangan material kayu. Bahkan, ada warga yang kehilangan perangkat elektronik.

Sementara Tim Relawan Tanggap Bencana, Ready Indonesia, Riki Hendra menyebutkan meluapnya sungai batang Lolo selain berdampak merendam rumah warga, banjir juga menerjang areal persawahan masyarakat. Menurutnya, kerugian akibat banjir ini masih dalam pendataan. Baik ternak maupun areal pertanian. 

“Hanya saja kita terus mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap hujan susulan. Apalagi, sejumlah warga memiliki kekhawatiran pada aktivitas longsoran di hulu sungai," tukasnya. (*/fys)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge