23 September 2017

Pemprov Sumbar dan Bank Nagari Sepakati Kerjasama Implementasi Transaksi Non-Tunai



PADANG, (GemaMedianet.com) — Terhitung 1 Januari 2018, seluruh intansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) akan bertransaksi secara non tunai dengan Bank Nagari. 

Kerjasama Pemprov Sumbar dan Bank Nagari itu ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) implementasi transaksi Non-Tunai di Aula Bank Nagari, Jumat (22/9/2017). Mewakili Direksi, Direktur Keuangan Bank Nagari, M.Irsyad menandatangani kerjasama tersebut bersama dengan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Direktur Keuangan Bank Nagari, M Irsyad dikesempatan itu mengatakan, kerjasama kali ini sebagai langkah awal penerapan good government clean governance.  Sekaligus menindaklanjuti dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.910/1866/51-2017 tentang Implementasi Transaksi Non-Tunai pada pemerintahan provinsi, kabupaten dan Kota yang juga sebagai tindak lanjut pelaksanaan Instruksi Presiden No.10/2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017

Sekaitan itu Bank Nagari telah mempersiapkan diri baik dari sisi perangkat, Sumber Daya Manusia (SDM) maupun teknologi untuk transaksi non-tunai tersebut. Bahkan, telah mencakup semua kebutuhan berkaitan dengan kegiatan Pemprov, Pemkab, dan Pemko lewat transaksi non-tunai, baik pendapatan maupun belanja.

Lewat pelaksanaan gerakan nasional non-tunai di pemerintahaan ini, sebutnya, para petugas bendaharawan dan pengelola keuangan daerah tidak perlu lagi memegang uang dalam jumlah besar. “Semua aktivitas keuangan, dilakukan bendaharawan cukup melalui handphone saja. Dengan demikian, seluruh transaksi organisasi perangkat daerah terpantau dengan baik,” katanya.

Ia juga menyebutkan, layananan pengelolaan keuangan non-tunai ini diberi nama Nagari Cash Management. Sedangkan untuk alat transaksinya EDC, kartu debit, ATM maupun mobile banking. “Kami juga mengamankan password dan security system-nya,” terangnya.

Selain pemerintahan, sebutnya, gerakan nasional non-tunai ini juga menyasar pada dunia pendidikan. Diantaranya, akan menerapkan teknologi sistem pembayaran uang sekolah swasta. “Kami akan uji cobakan di beberapa sekolah swasta mulai TK, SD, SMP, SMA. Jika berjalan dengan baik, akan kami pasarkan. Semoga masyarakat nantinya terbiasa melakukan transaksi non-tunai,” ungkap M Irsyad.

Pemprov Sumbar Kampanyekan Transaksi Non-Tunai

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Pemprov Sumbar akan menginisiasi kampanye transaksi non-tunai melalui seluruh perangkat pemerintahan. Rencananya, per 1 Januari 2018 seluruh instansi di lingkungan Pemprov Sumbar akan bertransaksi secara non-tunai.

Terlebih lagi, Kementerian Dalam Negeri melalui Surat Ederan (SE) Nomor 910 Tahun 2017 memang mewajibkan seluruh Pemda menerapkan transaksi non-tunai pada 2018 mendatang. ” Yang terbantu non-tunai bukan hanya konsumen, namun juga perbankan. Transaksi non-tunai menguntungkan Bank Nagari, melalui dana yang mengendap. Oleh karena itu ke depan transaksi non-tunai akan semakin digemari, termasuk  masyarakat umum,” terang Irwan Prayitno.

Sekaitan itu gubernur meminta Bank Nagari untuk memastikan sistem Informasi Teknologi (IT) yang bisa melayani lalu lintas transaksi yang bakal melonjak nantinya. Salah satunya dengan memperbanyak mesin EDC (Electronic Data Captue) untuk memfasilitasi nasabah dalam bertransaksi dengan kartu debit Bank nagari. “Kalau tidak berbenah, nasabah Bank Nagari bisa lari ke Bank lainnya,” tegas Irwan.

BI Dorong Bank Nagari Terbitkan E-Money

Di kesempatan yang sama, Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Rupiah, dan Informasi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar, Rihando menambahkan hingga Agustus 2017 ini sudah terdapat 25 penerbit uang elektronik (e-money), baik oleh bank dan non-bank.

Untuk itu, Rihando juga mendorong Bank Nagari ikut menerbitkan e-money guna memudahkan transaksi non-tunai para nasabah di Sumbar. ”Terlebih lagi mayoritas Pemda di Indonesia masih mengunakan Transaksi tunai. Jika Bank nagari mau terbitkan e-money, akan kami fasilitasi,” ujarnya.

Secara bersamaan dikesempatan itu juga ditandatangani kerjasama dan penyerahan media kerja berupa Handphone untuk Bendaharawan dari Direktur Keuangan Bank Nagari, M Irsyad Kabid kepada Perbendaharaan Dinas Penggelolaan Keuangan daerah (DPKD) Sumbar, Refdiamond. (adv)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan