Minggu, 17 September 2017

Musibah Banjir Bandang Solsel, Bantuan Terus Berdatangan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Bencana galodo yang menghantam Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kec. Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan yang terjadi pada Kamis Malam (14/9/2017) menuai simpati dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari instansi-instansi pemerintah, tetapi bantuan juga berdatangan dari pihak-pihak lainnya. 

Dari informasi yang didapatkan dari posko penanganan banjir bandang di Kantor Camat KPGD, dalam beberapa hari ini selain bantuan pemerintah sendiri, terdapat bantuan dari pihak-pihak lain, seperti PT.Semen Padang, FK Unand, FKM Unand, Pertamina Sumbar, IPDN, PLN M.Labuh, Ikatan Mahasiswa Solsel (IMASOLSEL), Muhammadiyah Sumbar, dan berbagai organisasi lainnya.

Salah satu dampak dari bencana galodo adalah terjadinya krisis air bersih. karena hancurnya 2 intake (bak penampungan) PDAM yang mengakibatkan tidak teralirinya air bersih PDAM kepada 2500-an pelanggan pada beberapa nagari. 

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah daerah telah melakukan upaya dengan menyediakan beberapa mobil tanki air bersih untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan segera menuntaskan persoalan ketersediaan air bersih tersebut. "Malam ini direncanakan 20 unit Hydran Unit (penampung air) dengan masing-masing berkapasitas 2000 liter serta tambahan mobil tanki air bersih sebanyak 2 unit akan datang. Bantuan dari Kementrian PU&PR," jelas Wakil Ketua Tanggap Darurat Solsel, Editorial. 

Ia juga menambahkan, saat ini pemerintah daerah berusaha untuk melakukan lanjutan pembersihan kayu dari Sungai Batang Lolo dan Anak Batang Lolo, pengerukan sungai belakang kantor wali (lanjutan), bantuan pembersihan rumah masyarakat, serta distribusi air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara Kepala Dinas Sosial &PMD, Hapison mengatakan, sebanyak 1,2 ton bantuan beras sudah diberikan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, dan segera menyusul sebanyak 1,6 ton beras. ‘Bantuan susulan itu yang akan segera dijemput ke provinsi, untuk kita distribusikan kepada korban bencana,” terangnya. 

Salah satu unsur yang ikut memberikan bantuan berasal dari kalangan mahasiswa Solsel yang bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Solok Selatan (IMASOLSEL). Fauzi Deswandri selaku Ketua IMASOLSEL mengatakan, bantuan yang diberikan berasal dari sumbangan berbagai pihak, mahasiswa serta masyarakat, terdiri dari makanan, air kemasan, serta paket alat tulis

"Mudah-mudahan masyarakat bisa pulih, baik pulih secara mental serta pulih secara ekonomi. Dan setiap musibah pasti ada hikmahnya," tukasnya Fauzi yang datang bersama rekan rekannya didampingi Pembina IMASOLSEL, Syamsurizaldi. (fys)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **