13 September 2017

Kader Lingkungan Hidup dan Konservasi se Indonesia Kunjungi KSDA Solsel


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Sebanyak 23 orang Kader lingkungan hidup dan konservasi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia melaksanakan studi banding ke kelompok Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Bangun Rejo, Solok Selatan (Solsel), Selasa (12/9/2017).

Studi banding ini sekaitan dengan keberhasilan Kelompok Konservasi Mandiri (KKM) Bangun Rejo Kecamatan Sangir sebagai desa binaan konservasi terbaik tingkat nasional tahun 2017, dalam upaya menjaga dan melestarikan kawasan TNKS.

Kedatangan rombongan kader dari Poso, Bogor, Mamuju dan Sigi ini dipimpin langsung Direktur PIKA (Pemolaan Informasi dan Konservasi Alam) DITJEN KSDAE, Kementrian Lingkungan Hidup, Ir. Listya Kusumawardhani,M.Sc,

Kehadiran rombongan yang juga dijembatani Balai Besar TNKS ini disambut oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir.H.Epli Rahmat, MM di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), tempat dimana rombongan direncanakan menginap.

"Selaku pemerintah bersama Balai TNKS. kita telah menggagas kelompok ini sejak tahun 2005 dengan berbagai upaya. Mereka bergerak untuk tujuan membangun ekonomi dengan berbasis konservasi sumber daya alam," terangnya.

Ia mencontohkan kegiatan kelompok tersebut dalam mengembangkan tanaman keras seperti Mahoni, Surian dan lainnya lewat tumpang sari dengan tanaman tahunan. "Termasuk mengembangkan peternakan berbasis konservasi. makanan ternak berasal dari tanaman tahunan, dan kotoran ternak dimanfaatkan sebagai pupuk organik," tambahnya.

Direktur PIKA, Listya pada kesempatan itu memujikan usaha-usaha masyarakat pada KKM Mandiri Bangun Rejo, yang terus konsisten dalam usahanya menjaga lingkungan, menjaga satwa, dan alam lainnya.

Sementara Kepala Seksi Pengelolaan TNKS Wilayah IV Sangir, David menyebutkan, pencapaian keberhasilan KKM Bangun Rejo tentu tidak terlepas dari kegigihan masyarakat Bangun Rejo itu sendiri. "Apa yang telah dicapai saat ini, bukan perkara yang mudah buat KKM. Tentu melalui proses yang panjang, sehingga menjadi KKM yang berprestasi dan menjadi pusat perhatian dari semua pihak," pungkasnya. (fys)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge