25 September 2017

Dua Puskesmas di Padang Terima Kunjungan Tim Survei Akreditasi


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Padang, Sumatera Barat kembali menerima survei penilaian akreditasi dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI. Survei tersebut bakal dilakukan oleh Tim Surveior Akreditasi FKTP di dua Puskesmas, yakni Puskesmas Ambacang, Kecamatan Kuranji dan Puskesmas Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab).

Hal itu terungkap saat digelarnya pertemuan pra kegiatan Survei Akreditasi FKTP antara Tim Surveior bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, dr. Feri Mulyani Hamid M. Biomed dan pimpinan Puskesmas terkait di Ruang Pertemuan Rumah Makan Sederhana Padang, Minggu (24/9/2017) kemarin. Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Wakil Walikota Padang Emzalmi. Sementara Tim Surveyor diketuai dr. Azwar Djauhari, M.Kes.

Azwar Djauhari menyebutkan, Tim Surveior hanya bertugas sebagai pembinaan dan penilaian FKTP yang bekerja sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan. Sebagaimana pihaknya akan menerima laporan survei dan mendengarkan langsung presentasi Kepala Puskesmas terkait. Selanjutnya juga menerima aplikasi survei, self assesment akhir dari pendamping dan foto Puskesmas terbaru tampak gedung depan.

“Survei ini akan kita lakukan selama beberapa hari. Dan semua laporan hasil survei akan kita kirimkan, karena keputusan kelulusan akreditasi FKTP bagi dua Puskesmas tersebut merupakan kewenangan dari Komisi Akreditasi FKTP nanti,” terangnya.

Ditambahkannya, adapun tujuan survei akreditasi ini adalah demi mendorong tiap Puskesmas untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan serta kepuasan bagi pasien. Selanjutnya perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya serta Puskesmas sebagai institusi. Terlebih kinerja Puskesmas baik dalam pelayanan kesehatan perseorangan atau secara umum.

Sementara Wakil Walikota Emzalmi mengatakan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan bagian dari 10 program unggulan Pemko Padang. Terkait penilaian tersebut, ia pun mengucapkan atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambutnya.

“Semoga, melalui survei ini Puskesmas-Puskesmas di Kota Padang dapat terakreditasi dengan baik dengan menetapkan standar layanan yang baik. Karena di samping pembinaan dan penilaian juga diharapkan arahan untuk peningkatan akreditasi dan hal-hal yang bersangkutan dalam rangka pelayanan kesehatan yang lebih baik di Padang,”imbuhnya.(David/Hms)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan