Selasa, 22 Agustus 2017

Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat, Tim Penggerak PKK Sosialisasikan Pangan B2SA

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggiatkan kadernya untuk selalu mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) melalui sosialisasi yang diadakan di Aula Kantor Bupati Solsel, Selasa (22/8/2017).

Ketua TP-PKK Kabupaten Solsel yang diwakili oleh Ketua Pokja III Ny Aisyah Masrial menyebutkan, sosialisasi konsumsi makanan B2SA menghadirkan narasumber dari Pokja III PKK Provinsi Sumatera Barat. Dengan tujuan agar seluruh kader PKK Solsel mengerti dan paham apa itu makanan B2SA.

Ia mengatakan, masih banyak kader di tingkat nagari yang belum mengetahui apa itu pangan B2SA. Ia berharap, dengan bertambahnya pengetahuan kader PKK Solsel tentang pangan B2SA, akan dapat meningkatkan pola hidup sehat masyarakat di seluruh nagari di Solsel.

“Kami berharap pengetahuan yang didapat saat sosialisasi ini dapat disebarkan dan dibagi ke tingkat kader dasawisma,” harap Aisyah dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Sementara itu, narasumber sosialisasi konsumsi pangan B2SA, Derry Swasti mengapresiasi PKK Solsel yang telah mengadakan sosialisasi ini. Menurutnya, PKK melalui pokja III harus mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

Ia menyebutkan, untuk hidup aktif dan sehat, manusia perlu lebih dari 40 jenis zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air, dalam jumlah cukup dari berbagai jenis makanan. Dan tidak ada satu pun, makanan yang mempunyai seluruh 40 jenis zat gizi tersebut dalam satu makanan kecuali ASI.

“Untuk itu setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk menjadikan manusia memiliki pola hidup yang sehat,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, untuk mendapatkan makanan yang B2SA tidak susah, dan kebanyakan bisa ditanam di halaman pekarangan rumah. “Sumber pangan pokok tidak harus Beras, bisa dari Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Kentang, Sukun, Labu dan Pisang, itu semua dapat terpenuhi dari lahan pekarangan rumah kita,” ungkapnya.

Tantangan dan masalah yang dihadapi sekarang, lanjutnya adalah pergeseran pola konsumsi pangan masyarakat ke arah pangan yang lebih instan, terutama masyarakat kelompok usia muda. Untuk itu ia mengajak agar kader PKK menjadi pelopor di nagari guna mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. (rel)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **