15 August 2017

Tiga Puluh Tenaga Pendamping KUKM Sumbar Dibekali

PADANG, (GemaMedianet.com) – Sebanyak 30 Tenaga Pendamping Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (KUKM) di Sumatera Barat mengikuti pembekalan kapasitas melalui pelatihan peningkatan pemahaman perkoperasian, Kamis (10/8/2017).


Pelatihan peningkatan pemahaman perkoperasian bagi tenaga pendamping tersebut digelar Kementerian Koperasi dan UKM bekerjsama dengan Balai Diklat Koperasi (Balatkop) Sumbar berlangsung selama dua hari di salah satu hotel di Padang, 10-11 Agustus 2017. 


Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Eko Haryono, pada kesempatan tersebut menyampaikan, tenaga pendamping sebagai ujung tombak dalam gerakan koperasi dan pelaku UKM terus ditingkatkan kapasitasnya, sehingga mampu menjelaskan seputar perkoperasian di tengah masyarakat.


“Tenaga pendamping harus bisa memaparkan bagaimana cara mendirikan koperasi dan sebagainya, sehingga pelaku UKM mengerti dan mau berkoperasi,” terang Eko.

Ia juga berharap, dengan memberikan bimbingan dan arahan, maka wirausaha pemula mau berusaha, dan pelaku usaha yang sudah lama mau membentuk atau gabung ke koperasi.

“Dengan demikian tumbuh pemahaman, bahwa UKM merupakan bagian dari koperasi.  Begitu juga sebaliknya, dengan koperasi maka UKM makin baik dan berdaya saing," tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar diwakili Kepala UPTD Balatkop, Desmadi Idrus, menyebutkan, pembekalan bagi tenaga pendamping tersebut sangat dibutuhkan. Terlebih lagi sejak direkrut, tenaga pendamping langsung bertugas di daerah, dan mendampingi pelaku usaha yang telah dilatih di Balatkop.

“Untuk itu kita berharap pelatihan kapasitas bagi tenaga pendamping KUKM dapat lebih diperbanyak. Pasalnya, masih ada sebanyak 20 tenaga pendamping lainnya yang belum mendapatkan pelatihan," pungkasnya. (mr)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge