Selasa, 08 Agustus 2017

Tanah Datar Canangkan Tahun Keselamatan Berlalu lintas


TANAH DATAR, (GemaMedianet.com) – Walau sempat diguyur hujan namun pencanangan Tahun Keselamatan Berlalu lintas, Car Free Day dan Syukuran atas penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2017, Minggu (6/8/2017) yang dipusatkan di lapangan Cindua Mato, Batusangkar berjalan lancar dan sukses.

Bupati Tanah Datar, H.Irdinansyah Tarmizi dikesempatan itu menghimbau seluruh pengendara kendaraan bermotor, terutama roda dua agar selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraan. "Berdasarkan data di lapangan bahwa angka kecelakaan yang terjadi rata-rata diakibatkan karena kelalaian manusia (human eror), dan kebanyakan korban adalah pengendara roda dua," terangnya. 

Sekaitan itu, sebutnya, dalam rangka meningkatkan keselamatan bagi pejalan kaki dan anak-anak maka setiap hari minggu dimulai pada hari ini di sekitar pusat kota Batusangkar akan diberlakukan car free day mulai dari jalan depan SMA 1 – Simpang Kampung Teleng – Simpang BPD sampai ke Simpang Satria Foto. Sehingga pada setiap minggu pagi mulai dari pukul 06.00 – 10.00  WIB, rute kendaraan bermotor akan dialihkan sementara.

"Car free day bertujuan memberikan keleluasaan masyarakat menghirup udara segar tanpa polusi akibat emisi gas buang kendaraan bermotor, serta membuka ruang gerak yang luas dan bebas bagi masyarakat ketika melakukan olahraga dan aktifitas lainnya," ulasnya.

Meski demikian, kata bupati, pihaknya akan terus mempelajari pemberlakuan car free day tersebut. "Jangan sampai pemberlakuan yang semula bertujuan baik malah akan mengganggu kebutuhan masyarakat kita yang lainnya," tukasnya.

Sementara Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas berharap pencanangan itu dapat menekan angka kecelakaan lalulintas (Laka lantas) sampai 50 persen tahun 2023 mendatang, dan menjadi ikon kepekaan, kepedulian dan belarasa untuk keselamatan demi semakin meningkatnya kualitas hidup.

Turut hadir pada pencanangan itu, Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Harioko, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar, dan para Perwira Polres beserta jajarannya.

Kegiatan itu juga dimeriahkan beberapa penampilan senam dari anak-anak TK, Polisi Cilik dan permainan tradisional. (em/hms)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **