22 August 2017

Solsel Gencarkan Kawasan Pengembangan Manggis di Dua Kecamatan


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) membagikan 5.500 bibit Manggis dan 2.500 kg pupuk jenis NPK pada 22 Kelompok Tani (keltan) dengan luas lahan total sekitar 50 hektare (ha). Bibit Manggis varietas dan pupuk jenis NPK Kaligesing itu disebar di enam kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di Solsel, dan paling banyak di Kecamatan Sangir dan Pauh Duo.

Kepala Dinas Pertanian Solsel melalui Kepala Bidang Hortikultura, Risa Herfina mengatakan, bibit Manggis varietas berusia sekitar 2,5 tahun dan diperoleh dari produsen benih bersertifikat di Bogor, Jawa Barat menggunakan APBD Solsel.

“Dalam satu hektare lahan bibit dijatah 110 batang, dengan luas lahan tiap keltan minimal dua hektare dan maksimal lima hektare," terangnya.

Ia juga menyebutkan, selain bibit, Dinas Pertanian juga memberikan pupuk jenis NPK sebanyak 50 kg/ha atau total 2.500 kg. Pemberian pupuk dilakukan setelah penanaman bibit, dimana 100 gram NPK per batang bibit Manggis. “Untuk pengadaan bibit, dialokasikan anggaran APBD Solsel sebesar Rp.165 juta dan pengadaan pupuk Rp.35 juta," ujarnya.

Masih menurut Risa Herfina, Dinas Pertanian juga akan memberikan penyuluhan pada petani mengenai perawatan sembari melakukan penelitian. “Semoga saja nanti Manggis bisa jadi komoditi unggulan di Solsel," katanya.

Untuk keltan yang telah memasukkan proposal, imbuhnya dan telah memenuhi persyaratan, namun belum mendapatkan jatah bibit di tahun ini akan diupayakan di 2018. "Bagi keltan yang belum memasukkan proposal dan berminat segera mengantarkannya, sehingga bisa mendapatkan kuota di 2018," katanya.

Ia juga menyampaikan, di Solsel kawasan pengembangan Manggis diutamakan di Kecamatan Sangir dan Pauh Duo. Sebab, kecamatan selain itu telah memiliki komoditi andalan. "Untuk Sungai Pagu dan KPGD sentra Padi dan Bawang. Kecamatan Sangir Batang Hari, Balai Janggo dan Jujuan sentra Sawit dan karet," terangya.

Seorang anggota keltan, Robi mengatakan, telah mendapatkan bibit Manggis sekitar 220 batang yang akan ditanam di lahan seluas dua hektare. "Kami dari keltan sudah lama mengidamkan pengadaan bibit Manggis ini dan tahun ini mendapatkannya. Kami juga berterimakasih pada Pemkab Solsel yang telah memberikan bantuan bibit dan pupuk semoga bisa meningkatkan kesejahteraan petani nantinya," tutupnya. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge