Selasa, 22 Agustus 2017

Prestasi MIN 3 Solok Selatan di Provinsi Sumbar, Siap Melaju ke Nasional


SOLSEL, (GemaMedianet.com) –  MIN 3 Solok Selatan satu-satunya sekolah tingkat MIN di Solok Selatan yang meraih piagam penghargaan Adiwiyata Sumbar. Piagam penghargaan diterima pihak sekolah ketika momen HUT RI ke-72 di kantor gubernur Sumbar.

Plt.Kepala MIN 3 Solsel, Wildani, mengatakan ada tiga sekolah yang mendapatkan piagam Adiwiyata Sumbar di Solsel yakni SDN 05 Sungai Sungkai dan MTsN Lubuk Gadang. Tapi, untuk sekolah tingkat MI di Solsel hanya MIN 3 Solsel.  

"Alhamdulillah, prestasi ini pertama kali. Berkat kerja keras dan usaha seluruh pihak, mulai tingkat nagari hingga kabupaten. Kita berharap bisa mewakili Sumbar ke tingkat nasional nantinya," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan bidang lingkungan yang diraih itu merupakan seleksi yang dilakukan pihak provinsi Sumbar dari 128 sekolah di Sumbar. "Sementara yang berhak menerima penghargaan hanya 48 sekolah, termasuk tiga sekolah dari Solsel," lanjutnya.

Menurutnya, penghargaan Adiwiyata bagi sekolah merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekolah. "Sebagai wujud itu, kita telah melakukan langkah-langkah seperti melengkapi fasilitas kebersihan dan aneka tanaman buah dan tumbu-tumbuhan di Sekolah. Intinya kesemua tanaman itu yang memiliki manfaat," ujarnya.

Pihaknya juga mengakui tengah mempersiapkan diri untuk melaju ke tingkat nasional."Insyaallah di 2018 kita bisa menuju nasional," terangnya.

Ia menambahkan, saat ini minat masyarakat menunjukkan trend positif untuk menyekolahkan anaknya di MIN 3 Solsel, setelah memperoleh akreditasi A sejak November 2016. "Saat ini jumlah rombel ada delapan kelas dengan jumlah siswa 151 orang. Untuk kelas satu dan dua terbagi dua lokal dan kelas tiga hingga kelas enam ada satu lokal," ungkapnya.

Saat ini pihaknya kekurangan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebab dari 14 orang guru, hanya empat guru yang berstatus PNS dan selebihnya masih honor. "Kendati demikian, semangat para guru honorer dalam mengajar tidak kendur sehingga sekolah bisa berpestasi," tandasnya.

Sementara, Walinagari Lubuk Malako, Riono Pendri menyebutkan prestasi yang telah diraih MIN 3 Solsel patut dicontoh sekolah lain. "Semoga bisa jadi sekolah percontohan di Solsel dan prestasi tersebut bisa ditingkatkan lagi ke depannya untuk bisa melaju ke nasional dan mengharumkan nama daerah," ucapnya. (Okt/Rel)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **