31 August 2017

'Nongkrong' di Warung, Kapolres Solsel Ajak Tokoh Adat Dialog


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Saciok bak ayam, Sadantiang bak basi pepatah Minangkabau yang diterapkan Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP M.Nurdin dalam mencapai kesepakatan dengan tokoh adat di daerah itu. 

Malam Rabu (30/8/2017) sekira pukul 20.30 WIB sejumlah perwira Polres Solsel mengadakan dialog dengan Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Noviar Dt.Rajo Endah, Ketua KAN dan Walinagari Pasir Talang Selatan dan unsur ninik mamak di Kecamatan Sungai Pagu.

Kapolres yang didampingi Kabag Ops Polres Solsel, Kompol Benu Alam, Kasat Binmas, Iptu Afrizal dan Kapolsek Sungai Pagu, Iptu Agustinus Pigay terlihat begitu alot berdialog. Rupanya, tidak hanya sekedar 'nongkrong' di warung. Agenda tersebut merupakan dialog tentang mengembalikan peran ninik mamak ditengah masyarakat.

"Tatanan pranata sosial masyarakat Minangkabau sangat bagus. Daerah lain saja kita bikin yang semacam di minang ini tatanan sosialnya. Nah, disini tinggal mengembalikan fungsinya yang tiga pilar itu," kata Kapolres AKBP M.Nurdin.

Menurutnya, mengembalikan peran yang tiga pilar yakni, alim ulama, cerdik pandai dan ninik mamak dimulai dulu dari tingkat nagari. Bagaimana, anak-cucu dan kemenakan bisa memposisikan secara adat dalam menjaga kelestarian adat budaya. "Apabila hal itu terwujud maka fungsinya kembali terangkat ditengah masyarakat, ini yang kita harapkan," tambahnya.

Ketua LKAAM Solsel, Noviar Dt Rajo Endah menyebutkan dahulunya fungsi ninik mamak berjalan sesuai kapasitasnya sehingga anak-kemenakan patuh dan segan terhadap ninik mamak. "Dulu kalau anak kemenakan berbuat salah ada peran ninik mamak. Nah, kalau sekarang bisa dituntun dengan opini beragam," katanya.

Ke depan, imbuhnya fungsi tersebut harus dikembalikan. "Pembagian tugas sudah jelas antara, nagari dan tokoh adat,agama dan kaum intelektual. Kita harus libatkan peran ninik mamak ini dalam kegiatan di nagari. Baik kegiatan adat budaya maupun kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Dengan begitu, mampu menekan perbuatan atau perkara pidana sebab ninik mamak disegani oleh kaumnya," tutupnya.(Fys)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge