30 August 2017

Matanya Berkaca-kaca Mengamati Ghani Hazid


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Sedih bercampur rasa keprihatinan menyelimuti hatinya. Pandangannya tak beralih mengamati tubuh balita berusia dua tahun bernama Ghani Hazid. Matanya berkaca-kaca. Ya,, Ghani tinggal di Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) bersama orangtuanya. Tinggal di rumah kayu yang jauh dari kesan mewah. Menyulut rasa kepedulian Ny.Hj.Suriati Muzni yang tak lain isteri Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria.


Tidak hanya Ghani yang ia kunjungi, lima balita di Kecamatan KPGD dan dua balita lainnya masing-masing di Pauh Duo dan Sungai Pagu tak lepas dari perhatiannya. Sesekali ia bertanya pada Ibu Ghani mengenai perkembangannya dengan suara yang kelu. "Ibu, rajin ya periksakan kesehatan Ghani ke Posyandu atau Puskesmas agar diketahui perkembangnnya," kata Ny.Suriati Muzni saat kunjungannya Selasa (29/8/2017).

Ia juga berpesan pada orangtua bocah itu, "Jangan sampai kita melewatkan program imunisasi, dan pengecekan berat badan anak, hal ini penting untuk memantau perkembangan anak," tambahnya.

Kemudian, ia berharap agar masyarakat mampu memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah untuk bercocok tanam dan memelihara binatang ternak, seperti ayam dan itik. "Hal ini penting dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga," ujarnya.

Menurut data aplikasi sistem kewaspadaan pangan Solsel, terjaring 18 balita berkondisi kurang gizi dan dua diantaranya mengalami gizi buruk. Seperti disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solsel, Del Irwan. Sebanyak 18 orang balita pada periode Januari - April 2017. Untuk Balita kondisi Gizi Kurang terdiri dari 5 balita di KPGD, 2 Balita di Sungai Pagu, 1 Balita di Pauh Duo, 4 Balita di Sangir, 5 Balita di Sangir Jujuan, 1 Balita di Sangir Balai Janggo. Sedangkan untuk Gizi Buruk berada di Sangir 1 balita, dan di Sangir Batang Hari (SBH) 1 balita.

Sehingga pihaknya bersama-sama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Solsel, Hj. Suriati Muzni, Dinas Kesehatan Solsel, dan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Solsel menyalurkan bantuan kepada 18 Balita tersebut.

"Bantuan tersebut berisi sembako senilai Rp 300 ribu, berisi kacang hijau, biskuit, susu, dan bahan makanan lainnya. Yang diharapkan mampu menstimulus perbaikan gizi balita," jelasnya.

Hari pertama penyaluran meliputi daerah Pauh Duo, Sungai Pagu dan KPGD. Dan untuk hari kedua (30/82017) akan disalurkan meliputi Sangir, Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari, Sangir Balai Janggo. (Fys/Ril)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge