Senin, 28 Agustus 2017

Dinas Pertanian Solsel Turunkan Tim Kesehatan Hewan Kurban

PADANG, (GemaMedianet.com) – Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) dua hari jelang lebaran Idul Adha 1438 Hijriyah segera menurunkan timnya guna memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban ke nagari-nagari di kabupaten berjuluk seribu rumah gadang itu.

“Dalam melakukan pengawasan dan pendataan hewan kurban tersebut Dinas Pertanian Solsel melibatkan mantari dan paramedik,” kata Kepala Bidang Peternakan Solsel, Yuherdi kepada media ini, Minggu (27/8/2017).

Ia menyebutkan, sekitar 15 orang tim itu ditempatkan dua orang tiap kecamatan. Setelah dipastikan kesehatan hewan kurban baru dinyatakan hewan tersebut layak dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. “Dengan pemeriksaan hewan kurban, tidak ada lagi timbul kekhawatiran dalam mengkonsumsi hewan tersebut,” terang Yuherdi.

Dinas Pertanian juga berharap masyarakat melaporkan hewan kurban mereka, sebelum dilakukan penyembelihan untuk mengurangi resiko.

"Memang jika dibanding tahun lalu, pasokan kebutuhan hewan kurban pada tahun ini diperkirakan cenderung menurun. Dibanding tahun lalu, kebutuhan hewan kurban di Solsel selalu mengalami peningkatan setiap tahun," ujarnya.

Yuherdi juga menyampaikan, selain pengawasan kesehatan Dinas Pertanian juga gencar mensosialisasikan ke masyarakat untuk tidak melakukan penyembelihan sapi qurban betina yang sedang produktif sesuai himbauan pemerintah.

Ia menegaskan, Sapi betina yang usianya di bawah enam tahun dilarang untuk disembelih sebagai hewan qurban atau untuk dijual dagingnya. “Usia sapi betina di bawah enam tahun itu tentu masih produktif untuk dikembangbiakan," tukasnya. (fys)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **