Rabu, 12 Juli 2017

TPK Nagari Berperan Penting Dalam Pembangunan Nagari

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) memfasilitasi empat nagari yang berada di kecamatan itu melakukan pelatihan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) nagari di aula Kantor Camat setempat pada Selasa (11/7/2017). Hal ini disampaikan Camat Pauh Duo, Zamzami. "Dengan adanya pelatihan TPK nagari Kami menginginkan ilmu yang diperoleh mampu diimplementasikan setiap nagari se Pauh Duo terkait pembangunan supaya terhindar dari persoalan hukum,"katanya.

Diantara empat nagari tersebut, yakni Alam Pauh Duo, Pauh Duo Nan Batigo, Luhak Kapau dan nagari Kapau Pauh Duo. "Setiap nagari membentuk TPK sesuai kebutuhan yang beranggotakan lima orang. Mereka berasal dari unsur perangkat nagari dan lembaga kemasyarakatan ataupun masyarakat yang menguasai teknis pekerjaan di nagari,"tambahnya.

Sementara, staf ahli Sekdakab Solsel, Jhoni Hasan Basri sebagai narasumber pelatihan menyebutkan tiap TPK harus bisa menjaga efisiensi pekerjaan dan transparansi. "Hal ini guna meminimalisir permasalahan di tengah masyarakat. Sehingga tidak ada lagi keresahan, dan semua bisa terjawab,"katanya.
Kemudian, imbuhnya TPK juga harus bekerja akuntabilitas dimana bisa mempertanggung jawabkan secara hukum pekerjaan.

 "Jangan sampai molor, harus tepat waktu. TPK juga secara kontinyu melaporkan kondisi pekerjaan sehingga kontrol jalan. Sebelum mulai pekerjaan sebaiknya dibuatkan pakta integritas dengan Walinagari biar jelas mengenai tugas dan kewajiban. Supaya semua pihak terbantu. Jika sudah jelas apapun tidak akan jadi masalah,"tandasnya.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Solsel Basrial menyebutkan TPK bertugas dalam membantu secara teknis kegiatan di nagari sesuai dengan Permendagri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa.TPK bertujuan agar pelaksanaan pembangunan nagari di lapangan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan dan mekanisme yang berlaku. Pasalnya, para peserta merupakan pihak yang bersentuhan langsung dalam program ini. "Disamping itu, TPK juga membantu memberikan  penjelasan tentang pembangunan nagari pada masyarakat,"katanya.

Adapun tahapan tupoksi TPK, katanya berdasarkan tahap kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan. "Dokumen perencanaan teknis dibuat oleh TPK. Mulai dari desain, Anggaran dan jadwal pekerjaan. Setelah itu lakukan survei dengan membagi kerja tim dilapangan. Harga dan material yang digunakan juga harus disesuaikan,"tutupnya.(Rel)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **