30 July 2017

Menteri KLH Dukung Gagasan Berdirinya Suaka Alam di Sumbar


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Gagasan Gubernur Irwan Prayitno untuk mendirikan suaka alam di Sumatera Barat mendapatkan respon positif dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya. 

Penegasan itu disampaikan Menteri KLH ketika meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya di Lapangan Kantor PT.Tidar Kerinci Agung (TKA) Talang, Talao Sungai Kunyit, Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, Sabtu (29/7/2017. 

"Kita akan dukung suaka alam di Sumatera Barat, dan saya minta kepada Ditjen terkait untuk menindaklanjuti," kata dia dihadapan ratusan hadirin pada kesempatan itu. Menurutnya, Sumatera Barat umumnya alamnya bagus, dan tidak sulit rasanya membuat kawasan suaka alam di daerah ini.

Senada dengan menteri, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno memberikan apresiasi terhadap tindakan nyata yang dilakukan pemilik PT TKA, Hasyim Djojohadikusumo. "Saya sepakat, yang dilakukan Bapak Hasyim melalui Yayasan ASARI ini perlu dicontoh oleh perusahaan lainnya," ujarnya mengapresiasi.

Irwan juga menyebutkan, Harimau merupakan bagian dari ekosistem. Sehingga jika Harimau punah, akan merusak ekosistem, yang mengakibatkan kerusakan terhadap alam.

Hasyim Djojohadikusumo, Dirut PT TKA yang juga Ketua Yayasan Asari Djojohadikusumo, dan turut serta dalam usaha perlindungan satwa (Harimau) tersebut mengatakan, ide untuk membentuk pusat rehabilitasi ini lahir semenjak 2013.

"Karena adanya berbagai kendala, baru hari ini kita resmikan. Untuk tahap awal ini, seekor Harimau Betina Leoni siap untuk kita masukkan di Pusat Rehabilitasi tersebut," ujarnya di hadapan ratusan yang hadir.

Untuk tahap awal, pusat rehabilitasi yang diresmikan berdiri diatas lahan seluas 2,5 Ha yang terletak di Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya. PT TKA sendiri mempunyai lahan 28 rb Ha yang terletak di 3 kabupaten (Solok Selatan, Dharmasraya, dan Bungo) serta 2 propinsi (Sumbar dan Jambi).

Bupati Solok Selatan, H.Muzni Zakaria mengapresiasi atas usaha pelestarian satwa khususnya harimau yang dilakukan Yayasan Arsari Djojohadikusumo dan berharap dapat terus dikembangkan di masa datang.

Turut memberikan sambutan Ketua Komisi IV DPR RI, Edi Prabowo. Selain  Bupati Solok Selatan, H.Muzni Zakaria, peresmian itu juga dihadiri Bupati Dharmasraya Sutan Rizka Tuanku Kerajaan, Kapolres Solsel AKBP M Nurdin, Dandim Sijunjung, Jajaran Kementrian Kehutanan dan LH, dan undangan lainnya. (okt/hms)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge