07 July 2017

Humas Sekdakab Solsel Fasilitasi Kunker Awak Media Setempat

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Guna meningkatkan rasa kebersamaan, kerjasama dan rasa kekeluargaan antar wartawan di Solok Selatan, Bagian Humas Setdakab Solok Selatan memfasilitasi kunjungan belajar sejumlah wartawan yang bertugas di daerah setempat. Kunjungan itu sendiri dialamatkan kepada dua daerah, yakni Kabupaten Pariaman dan Kota Payakumbuh, Kamis lalu (6/7/2017)

"Sedikitnya, kita memberangkatkan 12 orang jurnalis dari Solok Selatan dalam rangka kunjungan belajar bidang jurnalistik guna mendapatkan berbagai informasi dan arahan-arahan terkait menjaga kekompakan sesama wartawan dan mengedepankan efektifitas sebagai mitra Pemerintah Daerah," ujar Kabag Humas Setdakab Solok Selatan, Firdaus Firman.

Kunjungan kepada dua daerah itu sambung Kabag supaya bisa menjadi titik balik ke depannya bagi Pewarta Solok Selatan untuk bersatu khususnya membangun Solok Selatan.

"Oleh karena itu, salah satu daerah yang dituju adalah Kota Payakumbuh, karena di sana ada paguyuban wartawan untuk dijadikan wadah belajar terkait menjaga kekompakan yaitu Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah," katanya didampingi Kasubag Protokol dan Media Massa, Riri Tyhson.

Sementara itu, salah satu pendiri BW Luak Limopuluah, Dodi Sastra saat menyambut kedatangan para wartawan dari Solok Selatan menyampaikan, bahwa salah satu alasan terbentuknya paguyuban tersebut adalah untuk menghilangkan sifat senioritas, gaya berkelompok mayoritas dan minoritas antar sesama wartawan di sana.

"BW Luak Limopuluah adalah tempat menghimpun seluruh kepentingan anggota dalam artian positif, merupakan organisasi yang menitikberatkan ke arah sosial," sebutnya.

Dodi menjelaskan, BW Luak Limopuluah berdiri sejak tahun 2004 silam yang pada prosesnya bukan tanpa hambatan. Setidaknya paguyuban juga pernah mengalami masa vakum. Namun katanya, semua rintangan tersebut sudah teratasi sehingga kini rasa kekompakan atas nama BW Luak Limopuluah tetap terjaga.

"Pada BW Luak Limopuluah ini tergabung semua asosiasi wartawan, baik PWI, AJI, KWRI, PPWI dan lainnya. Para anggotanya adalah mereka para wartawan yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Saat ini kita telah punya gedung sendiri yang difasilitasi Pemkab Limapuluh Kota," katanya.

Salah seorang wartawan senior dari Solok Selatan, Afrizal Amir mengaku BW Luak Limopuluah bisa dijadikan project percontohan untuk bisa dikembangkan dan ditiru oleh para wartawan yang bertugas di daerah Solok Selatan. Keberadaan BW Luak Limopuluah katanya patut diapresiasi terkait rasa persatuan dan kesatuan yang dimilikinya.

"Rasa kekompakan ini memang perlu kita rumuskan kembali untuk dijaga," kata Afrizal Amir, wartawan salah satu Surat Kabar Harian di Sumbar. (Rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge