06 Juli 2017

Halal Bil Halal Tradisi Yang Hanya Ada di Indonesia


PADANG, (GemaMedianet.com) – Setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1438 H, umat muslim merayakan Idul Fitri. Perayaan hari raya tersebut dihiasi dengan kebahagiaan dan saling bermaaf-maafan. Setelah itu ada satu tradisi yang hanya dilakukan di Indonesia, tidak di Saudi Arabia yakni Halal bil Halal. 

Konon khabarnya kegiatan Halal bi Halal dipopulerkan mantan Presiden Republik Indonesia, Sukarno alias Bung Karno, pada 1946, di Yogyakarta yang diisi dengan bermaaf-maafan antara pejabat dan pegawai. 

Demikian disampaikan Ustadz Zul Asfi Lubis pada acara Halal bil Halal di kediaman Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Didi Aryadi, Kamis (6/7/2017). 

Idul Fitri dan Kunci Kesuksesan Hidup

Ustadz Zul Asfi Lubis juga menyampaikan, adanya kebiasaan umat muslim setiap bersalaman pada lebaran Idul Fitri, mengucapkan “Selamat Hari lebaran, Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin”. “Minal ‘aidin wal faizin itu artinya kita kembali dan meraih kemenangan. Jadi tidak lah tepat rangkaian kalimatnya. Ucapankan Taqobbalallohu Minna wa Minkum”, artinya semoga Allah menerima amal kebaikan kita semua.

Setelah itu kata Ustad Zul Asfi Lubis, untuk meraih kesuksesan dalam hidup ini, kuncinya Komitmen. yakni janji pada diri sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakannya. pengakuan seutuhnya. mendororong rasa percaya diri, dan semangat kerja, menjalankan tugas menuju perubahan ke arah yang lebih baik. 

Kemudian konsisten, salah satu sikap yang sifatnya memegang teguh suatu prinsip atau pendirian dari segala hal yang telah ditentukan. Selanjuntya, kebersamaan menjadi penting dalam membina hubungan. 

'Jelas kita tak pernah bisa hidup sendiri dalam kehidupan ini. Berbuat baik, saling berbagi dalam kebersamaan, menjalin sebuah hubungan yang positif itu pilihannya. Siapa yang menanam kebaikan, niscaya dia akan memetik kebahagiaan," tukasnya. (Irwandi Rais)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan