07 Juni 2017

Sawah Terancam Jadi Lahan Tidur, Normalisasi Irigasi Batang Kasang II Mendesak


PADANG, (GemaMedianet.com) – Ratusan petak sawah di Kelurahan Balai Gadang dan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah terancam menjadi lahan tidur. Itu disebabkan rusaknya bendungan Irigasi Batang Kasang II di Sekayan yang selama ini menjadi andalan petani untuk pengairan. 

Kerusakan bendungan Irigasi Batang Kasang II akibat terjangan air bah yang terjadi beberapa kali dalam dekade terakhir. Bendungan berikut sungai primer itu membutuhkan normalisasi total agar bisa berfungsi lebih baik. Dan itu membutuhkan anggaran tidak sedikit yang tidak mungkin didukung APBD Kota Padang. 

"Batang Kaaang II ini membuyuhkan normalisasi total agar dapat berfungsi optimal untuk pengairan dan pengendalian banjir," kata Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat melakukan pengecekan ke lokasi, Selasa (6/6/2017) pagi. 

Walikota didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Fadelan Fitra sempat menelusuri aliran sungai sekitar bendungan irigasi. Terdapat kerusakan sisi sungai yang cukup parah dan debit air sungai yang rendah.

"Kondisi irigasi sekarang memang tidak berfungsi normal sehingga tidak bisa dimanfaatkan petani untuk pengairan. Kondisi ini mengancam lahan jadi tidak tergarap," ujar walikota. 

Untuk mengurangi kerusakan parah agar irigasi dapat dimanfaatkan, Pemerintah Kota Padang untuk sementara memasang batu beronjong di bendungan tersebut. Sedangkan untuk normalisasi sungai akan diusulkan melalui Kementerian PUPR dari APBN. (DU/Yz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan