08 June 2017

Irwan Afriadi Sebar 30 ribu Bibit Ikan di Solsel

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Anggota Komisi II DPRD Sumbar, Irwan Afriadi memfasilitasi bantuan bibit ikan air tawar sebanyak 30 ribu pada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Solok Selatan (Solsel) pada Rabu (7/6/2017). Kegiatan bantuan ini merupakan sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumbar dan Wakil Rakyat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan. Sedikitnya, empat Pokdakan mendapatkan bantuan tersebut dalam program peningkatan produksi ikan di daerah itu.

Anggota Komisi II DPRD Sumbar, Irwan Afriadi sekaligus yang memfasilitasi bantuan tersebut menyebutkan bagi setiap Pokdakan yang memperoleh bantuan tersebut dapat mengembangkan bibit ikan itu sebaik mungkin.

"Kami meyakini, apabila ada kesulitan dan kegagalan pengembangan bibit ini maka persentasenya mungkin tidak besar. Kemudian bantuan kali ini menjadi proyek percontohan bagi setiap Pokdakan," ujarnya.

Proyek percontohan disini lanjut Irwan berkaitan dengan bantuan tahap berikutnya. Artinya jika pengembangan bibit mengalami kegagalan maka Pokdakan yang menerima bantuan sekarang tidak akan diberi lagi. "Setiap Pokdakan nantinya harus membuat laporan ketika sudah panen, sebab ini jadi penilaian dalam perkembangan kelompok," tukasnya.

Sementara, Kasi HPI dan pengelolaan kawasan budaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Efi Dahmer mengatakan hal ini merupakan upaya peningkatan produksi ikan di Solsel. "Kami memberikan bantuan bibit ikan sebanyak 30 ribu ekor termasuk Pakan dan virus vitaminnya," ujarnya.

Efi menjelaskan, dari 30 ribu benih tersebut akan disebarkan untuk empat Pokdakan yang masing-masingnya akan mendapat 7.500 bibit, 200 Pakan dan 6 bungkus vitamin ikan.

Empat kelompok sebagai penerima bantuan itu berada di empat kecamatan di antaranya Kecamatan KPGD ada Pokdakan Karya Muda di Jorong Sungai Aro Aie Angek di Nagari Pakan Rabaa.

Kemudian di Kecamatan Sungai Pagu ada Pokdakan Lestari Jaya di Jorong Luak Kapau Nagari Pinang Sinawa. Lalu di Kecamatan Pauh Duo ada Pokdakan Talao Makmur di Jorong Lubuk Jaya Nagari Koto Baru. Terakhir di Kecamatan Sangir ada Pokdakan Maju Bersama di Jorong Bariang Nagari Lubuk Gadang. "Bantuan ini sendiri berasal dari APBD Provinsi Sumbar," sebutnya.

Sementara itu, Kabid Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Solsel, Yani Suryani mengatakan bagi kelompok lain yang juga berharap bantuan serupa agar mengajukan permohonan lewat proposal ke DKPP Solsel.

"Namun itu harus menunggu hasil panen dari perkembangan bibit saat ini untuk penyaluran bantuan berikutnya," ujar Yani di dampingi Elfira Roza Bendahara Pokdakan Maju Bersama sembari mengucapkan terimakasih kepada Wakil Rakyat Irwan Afriadi dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar. (Rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge