05 Juni 2017

Bazar Ramadhan, 24 Ribu Voucher Sembako Disebar


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menggelar Bazar Ramadhan di Pelataran Parkir Masjid Nurul Iman Padang. Pada Bazar tersebut, kaum dhuafa Kota Padang bisa menukarkan voucher yang telah disalurkan Baznas Kota Padang. 

Walikota Padang Mahyeldi, dikesempatan itu mengatakan, sebanyak 24 ribu voucher sembako senilai Rp 3,6 miliar telah disalurkan Baznas Kota Padang kepada kaum dhuafa. Bertujuan untuk meringankan beban kebutuhan kaum Dhuafa selama bulan Ramadhan. 

“1 voucher bernilai Rp 150 ribu, bisa ditukarkan dengan sembako yang ada di bazar ini,” ujar Mahyeldi usai membuka secara resmi Bazar Ramadhan tersebut, Sabtu (3/6/2017). 

Wako juga mengatakan, pada Bazar Ramadhan dilaksanakan operasi pasar oleh distributor sembako, sehingga warga Kota Padang bisa berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri dengan harga barang yang miring. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan, pasar murah digelar untuk meringankan beban masyarakat yang berpenghasilan rendah. Di Masjid Agung Nurul Iman kegiatan digelar dari 3-5 Juni 2017, di Kecamatan Bungus 6 Juni 2017, Lubuk Begalung 7 Juni 2017, Lubuk Kilangan 8 Juni 2017. 

Lalu, Kecamatan Pauh 9 Juni 2017, Kuranji 10 Juni 2017, Nanggalo 11 Juni 2017, Koto Tangah 12 Juni 2017 dan Padang Utara 14 Juni 2017. 

Sementara Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso, menjelaskan, penyaluran voucher yang bersumber dari dana zakat yang dihimpun Baznas selama ini merupakan salah satu program rutin yang digelar setiap Ramadhan agar beban kaum dhuafa dapat lebih ringan. 

Epi menyebutkan pada 2016 Baznas Padang berhasil menghimpun zakat sebesar Rp.24 Miliar dan pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp.28 Miliar. Hingga Mei 2017 zakat yang telah dihimpun mencapai Rp.9,8 Miliar, dan yang sudah disalurkan lebih besar dari yang sudah dihimpun yaitu Rp.12,8 Miliar lewat program Padang Sejahtera, Padang Religius, Padang Cerdas, Padang Makmur dan Padang Sehat. 

Ia mengatakan, penyaluran voucher dilakukan lewat pengurus masjid dan mushala karena pengurus dinilai lebih tahu warga miskin sekitarnya. 

Pembukaan Semarak Ramadhan IX kerjasama Pemko Padang dan Baznas Kota Padang, juga dihadiri Wakil Walikota Padang Emzalmi, Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz, Dandim 0312 Padang Letkol Kav Eryzal Satria, pimpinan OPD Kota Padang, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan tema "Ukir Senyum Dhuafa di Bulan Mulia", Semarak Ramadhan tersebut menggelar Bazar, Tahfidz Al Quran, Nasyid, Bintang Qasidah, Kaligrafi dan Solo Song Religi. (LL/Bs).

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan