11 May 2017

Pemerataan Guru PNS SD dan SMA di Solsel Sangat Mengkhawatirkan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah sampai pada tahap yang sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya Sekolah Dasar (SD).yang saat ini membutuhkan pemerataan guru PNS, Sekolah Menengah Atas (SMA) pun sudah sangat kekurangan guru untuk memenuhi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

SMAN 10 Solok Selatan (Solsel).adalah salah satu SMA Negeri yang mengalami kekurangan sangat mengkhawatirkan. Ditemui pada saat pelepasan peserta OSN Provinsi di SMAN 6 Solok Selatan, Plt Kepala SMAN 10 Solok Selatan, Khairuman, Senin (8/5/2017), mengatakan, saat ini SMAN tersebut hanya memiliki satu orang guru berstatus PNS. 

"Hanya saya satu-satunya Guru berstatus PNS di sekolah (SMAN 10 Solsel, red), dan saya juga yang menjadi Plt Kepala Sekolahnya," ujarnya.

Untuk melaksanakan KBM, SMAN 10 Solsel saat ini memiliki 18 orang guru. "10 orang berstatus honorer, dan 8 orang merupakan guru SM3T, guru SM3T ini beberapa bulan lagi akan menyelesaikan tugasnya. Sehingga kami mau tidak mau, harus mencari tambahan guru honorer lagi," ucapnya.

Seperti diketahui pada level SMA memiliki 17 mata pelajaran pada kelas X dan XI, dan 14 mata pelajaran pada kelas XII. "Keseluruhan mata pelajaran tersebut di SMAN 10 Solsel hanya dilayani oleh 18 guru," ujarnya.

Ia menerangkan, kekurangan PNS ini sangat berdampak pada perkembangan sekolah nantinya. "Sesuai peraturan yang berlaku, minimal Bendahara Sekolah, Bendahara BOS, dan PPTK (pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) harus berstatus PNS," sebutnya.

Dengan tidak adanya ketiga perangkat sekolah tersebut Khairuman mengaku akan sangat sulit bagi SMAN 10 Solok Selatan untuk melaksanakan KBM dan melanjutkan pembangunan sekolah karena terbentur oleh peraturan yang berlaku.

Ia menambahkan, saat ini, SMAN 10 Solsel memiliki 70 siswa terdiri dari 2 lokal kelas X dan 1 lokal kelas XI. "Kami saat ini hanya memiliki 3 ruang kelas belajar. Kami membutuhkan penambahan ruangan belajar untuk mengantisipasi adanya kelas XII, dan meningkatnya pendaftaran murid baru," ucapnya.

Walaupun serba kekurangan, SMAN 10 Solok Selatan sudah memiliki prestasi membanggakan. Terbukti salah satu siswa kelas XI-nya memperoleh Medali Perak pada gelaran OSN SMA 2017 Kabupaten Solok Selatan, dan dikirim ke tingkat Provinsi. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge