04 May 2017

Masjid Raya Pasar Muaro Labuah, Dulu Ramai Dikunjungi Saudagar


SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Masjid Raya Pasar Muaro Labuah, Solok Selatan (Solsel) terletak di pasar lama Muaro Labuah, Kecamatan Sungai Pagu. Sekarang, kawasan pasar lama ini menjadi ruang terbuka sebagai sarana publik.

Seorang warga sekitar, Lukis (76) bercerita pada GemaMedianet.com pada Kamis (4/5/2017) sebelum lokasi pasar pindah ke Pasar Baru Muaro Labuah, dahulu Masjid Raya ini ramai dikunjungi para saudagar muslim yang hendak melaksanakan ibadah salat lima waktu. "Dikarenakan berada ditengah pasar, selalu ramai dikunjungi para pedagang maupun masyarakat yang berbelanja ke pasar ataupun para musafir," katanya.


Masih teringat sewaktu kecil dulu, kata Lukis, sekitar tahun 1947 bangunan masjid tersebut masih menggunakan papan dan terdiri dari dua lantai. "Lantai atas dipergunakan untuk mengaji dan belajar agama sedangkan lantai dasar digunakan untuk sarana ibadah. Dulunya Masjid Raya ini tidak seperti saat sekarang bangunannya, hanya terbuat dari papan dengan dua lantai," ucapnya.

Ia meyakini, pembangunan Masjid tersebut sebelum era kemerdekaan Republik Indonesia. "Saya lahir 1941, sewaktu kecil mengaji dan belajar agama dulu di Masjid Raya ini. Makanya, saya prediksi pembangunan masjid ini sebelum era kemerdekaan," tutupnya. (Okt)


0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge