09 Mei 2017

Kendalikan Pencemaran Udara, DLH Padang Uji Emisi Kendaraan

PADANG, (GemaMedianet.com) - Pemerintah Kota Padang terus berkomitmen dalam mengendalikan pencemaran udara di daerah ini. Setidaknya berdasarkan hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) telah membuahkan penghargaan “Kota Langit Biru” (kualitas udara daerah yang dinilai bersih-red) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara berturut-turut sejak 2013 lalu.

Wakil Walikota Padang H. Emzalmi mengatakan, salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen tersebut yaitunya melalui pengujian emisi bagi kendaraan bermotor roda empat secara berkala dan berkesinambungan. Sehingga dengan itu, dapat diketahui tingkat emisi gas buang setiap kendaraan di samping menganalisis dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraannya demi meminimalisir polusi udara di Kota Padang.

“Kegiatan uji emisi ini merupakan komitmen Pemko bersama masyarakat dalam upaya mempertahankan kualitas udara agar selalu baik di kota ini. Kita tentu berharap, pencemaran udara bisa dikendalikan, apalagi mengingat perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat disertai kemajuan kota sejauh ini,” imbuh Emzalmi saat menghadiri kegiatan uji emisi kendaraan bermotor roda empat oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja sama dengan pihak terkait lainnya di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) jalan S.Parman Lolong, Selasa (9/5/2017).

Wawako juga mengimbau, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang dan masyarakat untuk ikut menguji emisi gas buang kendaraannya.“Uji emisi ini sangat penting demi mengetahui kondisi kendaraan kita. Sehingga tidak termasuk menjadi pencemaran udara di kota ini,” ujar Emzalmi sembari melakukan uji emisi kendaraan dinasnya dengan hasil lulus uji tersebut.

Sementara itu, Kepala DLH Padang Al Amin menyebutkan, uji emisi kali ini dilaksanakan selama dua hari Selasa-Kamis (9-10/5) di dua titik lokasi dengan menarget sebanyak 600 kendaraan yang diuji. Dimana lokasi pertama di pelataran parkir TMP Lolong dan dilanjutkan esoknya di area parkir depan Bank Nagari jalan By Pass Km 10 Sungai Sapih.

“Untuk itu kita berharap, agar seluruh warga Kota Padang bisa membawa kendaraannya untuk melakukan uji emisi ke lokasi pengujian. Kegiatan ini gratis dan perlu diketahui bukan razia, karena bagi pemilik kendaraan yang lulus uji akan diberikan stiker tanda lulus uji dan bagi yang tidak lulus akan kita berikan sosialisasi secara ramah terkait pentingnya merawat kendaraan secara berkala,” tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diiktui beberapa pimpinan OPD Pemko Padang, diantaranya Kepala Bapenda Adib Alfikri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Zalbadri serta lainnya. (David/Fsl/Bst)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan