Selasa, 02 Mei 2017

Buka Tutup Masa Sidang Pertama dan Kedua, DPRD Sumbar Sahkan Tiga Perda

PADANG, (GemaMedianet.com) – DPRD Sumatera Barat Berhasil menetapkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)  menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada masa sidang pertama tahun 2017.sementara tiga lainnya dalam tahap fasilitasi dan dua Ranperda dalam proses pembahasan.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim dengan agenda penutupan masa sidang pertama dan pembukaan masa sidang kedua tahun 2017, Selasa (2/5/2017).

Ia menjelaskan, tiga Ranperda merupakan lanjutan dari masa sidang tahun lalu sementara lima Ranperda merupakan Program Pembentukan Perda tahun 2017."Pembahasan delapan Ranperda ini merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi pembentukan Perda yang dimiliki DPRD," kata Hendra.

Selain membahas Ranperda tersebut, lanjutnya, DPRD bersama pemerintah provinsi juga melakukan perubahan terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Barat tahun 2016-2021. Perubahan tersebut diawali dengan melakukan perubahan terhadap kebijakan umum dan program pembangunan jangka menengah dan saat ini sudah ditangani oleh panitia khusus (pansus).

Hendra juga menyebutkan, dalam melaksanakan fungsi anggaran, Hendra menyebutkan belum diagendakan. Pelaksanaan fungsi anggaran baru dilakukan dalam bentuk kegiatan persiapan penyusunan rencana pembangunan daerah. Persiapan itu dimulai dari penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD, sosialisasi pemakaian e-planning, untuk mewujudkan penyusunan rencana pembangunan daerah yang transparan dan akuntabel. Sedangkan dari pelaksanaan kegiatan terkait fungsi pengawasan, DPRD telah melakukan evaluasi terhadap berbagai pelaksanaan program dan kegiatan organisasi pemerintah daerah mitra kerja masing-masing komisi di DPRD. Dari evaluasi tersebut, dapat diketahui permasalahan dan kendala dari pelaksanaan program pembangunan tahun sebelumnya.

Rapat tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit. Dalam sambutannya wagub menyampaikan apresiasi pemerintah daerah terhadap pelaksanaan tugas DPRD yang dirasakan cukup optimal pada masa sidang pertama tahun 2017.

"DPRD cukup optimal memacu program pembangunan daerah. Berbagai hal yang menjadi masukan dan saran dari DPRD kepada pemerintah daerah serta aspirasi masyarakat yang ditampung dan disampaikan akan kami jadikan pertimbangan dalam menyusun program pembangunan selanjutnya," kata Nasrul. (*/mr) 

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **