09 April 2017

Terminal Padang Aro dan Ruang Terbuka Muara Labuah Jadi Kawasan CFD

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Terminal Padang Aro dan Ruang Terbuka Muara Labuah pada hari tertentu dijadikan kawasan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) di Solok Selatan (Solsel). Hal ini disampaikan Kepala bidang Lalu lintas Angkutan Jalan dan Sungai, Dinas Perhubungan Solsel, Aksya Ivani saat peluncuran resmi Car Free Day (CFD) di ruang terbuka Muara Labuah, Minggu (9/4/2017).

Ia mengatakan, CFD akan digelar secara rutin minimal dua kali dalam sebulan pada dua titik itu. "Pelaksanaan CFD dalam bulan ini (April) atau empat pekan kedepan, dilaksanakan tiap hari Minggu, yang bertujuan memberikan sosialisasi pada masyarakat. Namun, setelah itu CFD dilaksanakan pada pekan ke-dua di hari Minggu sesuai SK bupati Solsel. Jika respon atau permintaan masyarakat positif setidaknya bisa digelar dua kali dalam sebulan," ujarnya.

Sesuai SK bupati Solsel, imbuhnya program CFD telah ada semenjak 2014 namun belum maksimal dalam penyelenggaraannya. "CFD nantinya dilaksanakan di Terminal Padang Aro dan ruang  terbuka Muara Labuh. Kemungkinan selama ini terkendala oleh anggaran sehingga belum maksimal dalam pelaksanaannya," tambahnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan CFD tidak ada kendaraan bermotor yang melintasi dua titik tersebut dari pukul 06.00- 10.00 WIB. Kendaraan bermotor baru bisa melintas setelah kegiatan itu. "CFD bertujuan mensosialisasikan pada masyarakat perlunya lingkungan sehat dan mengurangi ketergantungan dalam penggunaan kendaraan bermotor," ungkapnya.

Selain itu, imbhunya juga memberikan ruang terbuka pada masyarakat yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga, rekreasi dan kegitan lainnya di kawasan CFD itu.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria melalui Sekretaris Daerah, Yulian Efi menyampaikan dengan adanya aktifitas CFD mampu menjaga kualitas udara bagi masyarakat yang melakukan kegiatan di kawasan CFD. "Sebagai gambaran, berdasarkan data Bappenas, setiap kali kendaraan mengeluarkan asap sekitar 1.000 unsur beracun ikut mengotori udara," katanya.

Unsur-unsur beracun itu, katanya mengandung karbon dioksida, karbon monoksida partikulat dan sulfur dioksida yang mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Ia berharap, partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung kegiatan CFD demi menciptakan kualitas udara yang sehat dan bersih. Kemudian, pentingnya menciptakan suasana yang kondusif, teratur dan bebas sampah dilokasi CFD. "Apabila terselenggara secara rutin nantinya, iven CFD pemkab Solsel juga akan memfasilitasi tumbuhnya berbagai potensi kreatifitas dan inovasi masyarakat dibidang seni, budaya, kegiatan sosial dan bidang olahrga," tutupnya.(Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge