20 April 2017

Swasembada Pangan Masih Terganjal Kebijakan Pangan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Pangan salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi kehidupan manusia, diharapkan bisa senantiasa terjaga dengan baik dan berkelanjutan. Apalagi dilihat dari potensi produksi komoditas pangan di Indonesia yang sebenarnya cukup besar, namun akan tetapi masih belum tereksplorasi secara optimal sejauh ini.

Sehingga perlu adanya upaya pemerintah menuju target swasembada pangan demi mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Sebagaimana dari data yang ada, kebutuhan pangan Indonesia hampir semuanya dipenuhi melalui impor. Baik itu kebutuhan beras, daging sapi, gula, gandum, bawang putih dan jagung.

Hal itu mengemuka dalam Seminar Nasional Pertanian yang membahas topik "Potensi dan Hambatan Indonesia Menuju Swasembada Pangan" di Convention Hall kampus Universitas Andalas (Unand) Padang, Rabu (19/4). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dengan diikuti peserta perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

“Untuk Kebutuhan pangan di Kota Padang sendiri, hingga saat ini masih sekitar 30 persen sehingga 70 persen lagi dipasok dari luar daerah dan luar provinsi.  Semoga, melalui diskusi bersama dalam seminar nasional ini dapat menghasilkan berbagai solusi demi mendukung program swasembada pangan khususnya bagi Kota Padang ke depan,” imbuh Mahyeldi dalam acara yang menghadirkan nara sumber Mantan Menteri Pertanian RI periode (2004-2009) Anton Apriyantono, MS dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Ir Efendi, MP itu.

Disebutkannya, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian dan pangan. Namun, tidak dipungkiri di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Kota Padang sampai saat ini masih menemukan kendala seperti beberapa faktor yang yang menghambat salah satunya adanya kesalahan dalam kebijakan pangan.

“Masalah kebijakan pangan tersebut, seperti masih tergantung kepada daerah atau negara lain soal pangan sehingga tidak mandiri di bidang pangan. Maka itu, Pemerintah Kota Padang melalui OPD terkait telah melakukan upaya dengan bersinergi bersama pemerintah daerah yang ada di Sumbar serta bersama beberapa perguruan tinggi termasuk Unand dan lainnya,” tukuknya. (David/Nanda)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge