Friday, April 7, 2017

Sarana RPH Minim, DPRD Padang Minta Kadis Pernakbunhut Jalin Komunikasi


PADANG, (GemaMedianet.com) – Sarana dan prasarana Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di Aia Pacah saat ini sangat tidak memadai. Seperti kandang, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan bahkan penggunaan alat potong masih manual.

"Alat potong yang masih manual itu pun hanya ada satu, dan masih dipinjamkan oleh seseorang. Termasuk alat penarik untuk menaikkan dan memindahkan sapi, serta cara pemotongan sapi dan tranportasi pengangkutan ke penjual," ungkap Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Pernakbuthun) Kota Padang, Syaiful Bahri pada rapat pembahasan pendapatan dengan Pansus I DPRD Padang, Kamis (6/4/2017).

Ia meyakini, jika sudah menggunakan alat potong modern, maka pemotongan akan bisa dilakukan 40 hingga 50 ekor per harinya. Namun kondisi saat ini masih sangat jauh dari yang diharapkan. RPH Aia Pacah hanya bisa melakukan pemotongan 4 hinggga 5 ekor saja per hari nya. "Tentu hal ini sangat berpengaruh pada produksi daging yang akan dipotong,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, jika pelayanan baik dan di RPH Aia dingin bisa menampung banyak pemotongan, Dispernakbuthun bisa menarik retribusi satu ekor sapi sekitar Rp100 ribu. "Pertimbangan itu akan bisa menaikkan pendapatan untuk RPH. Namun, akar masalahnya adalah melengkapi sarana dan prasarana, sesuai standarisasi dari pusat," katanya.

Anggota Pansus I DPRD Padang, Amrizal Hadi dari Fraksi Nasdem sangat menyayangkan kondisi yang terjadi di RPH tersebut. Menurutnya, dari dahulu Komisi DPRD Padang yang membidangi hal itu sudah menyampaikan pada dinas terkait agar mengajukan anggaran di APBD 2017, namun tidak pernah muncul. Hal itu dinilai kelalaian dinas tersebut terhadap kebutuhan yang dibutuhkan dalam rangka peningkatan PAD.

“Padahal sejatinya kami di DPRD  pastinya akan membantu terlebih lagi hal itu dalam rangka peningkatan PAD. Ke depn kita berharap kepala dinas yang baru dapat membangun komunikasi dengan komisi terkait di DPRD Padang,” tukas Amrizal Hadi pada rapat yang dipimpin Mizwar Jambak didampingi anggota Pansus I lainnya, Azirwan, Yandri Hanafi, Muzni Zen, Ilham Maulana, Hadison, serta Kepala UPT Rumah Potong, Sudirman. (em)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge