Sabtu, 08 April 2017

Ratusan 'Bundo Kanduang' Jelajah Kawasan Saribu Rumah Gadang

Fery/Lampu Merah

SOLSEL, (GemaMedianet.com) Ratusan 'Bundo Kanduang' asal Kota Padang dan Kota Payakumbuh melakukan kunjungan adat dan budaya ke Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Solok Selatan (Solsel), Sabtu (8/4/2017) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya Solsel, Bujang Basri mengatakan kedatangan Bundo Kanduang asal kota Padang memang telah direncakan dengan Bundo Kanduang Solsel dengan salah satu agenda melakukan wisata budaya ke kawasan SRG. "Nah, kebetulan para Bundo Kanduang asal kota Payakumbuh juga melakukan kunjungan wisata. Sehingga berkumpulah di kawasan SRG," katanya.

Setidaknya katanya, dari kota Padang berjumlah 85 orang dan kota Payakumbuh 25 orang 'Bundo Kanduang'. "Sekitar lima unit bus pariwisata berjejer di kawasan SRG. Para bundo kanduang Solsel menyambut kedatangan dengan tari Galombang diiringi musik gendang sarunai di gerbang SRG," lanjutnya.

Kawasan SRG adalah salah satu kawasan desa adat dan budaya Minangkabau di Sumatera Barat (Sumbar) dengan rumah adat terbanyak dan masih berdiri sampai sekarang. Bahkan, konon ada yang berusia ratusan tahun.
Fery/Lampu Merah

Ia menambahkan, setelah disambut tari Gelombang di gerbang SRG, para Bundo Kanduang ini memasuki kawasan dan dijamu dengan makan Bajamba di salah satu rumah gadang yakni, Rumah Gadang Gajah Maram. "Sebelum masuk rumah gadang, bundo kanduang disambut lagi dengan tari Tampuruang yang ditarikan oleh para bundo kanduang Solsel yang sudah tua tapi enerjik," ucapnya.

Menurutnya, setelah melaksanakan makan bajamba, para wisatawan ini akan melanjutkan acara mengelilingi kawasan SRG. "Namun, mereka (Bundo Kanduang) tidak menginap di SRG tapi, balik lagi ke Padang hari ini,"bebernya.

Kedatangan Bundo Kanduang asal Padang dan Payakumbuh di SRG imbuhnya, turut disambut ketua Kerapatan Adat Nagari Koto Baru, Bundo Kanduang Solsel serta masyarakat yang menyaksikan kedatangan mereka."Kawasan SRG sudah menjadi ikon budaya di Sumbar, berangsur kita benahi," tutupnya. (Okt)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **