09 April 2017

PW Muhammadiyah Sumut : Thailand Mampu Bangun Lembaga "Halal Center" Kredibel


MEDAN, (GemaMedianet.com) — Untuk mengetahui lebih dekat lembaga yang mengelola makanan dan industri halal di Thailand, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumatera Utara (Sumut) bersama Rektor Universittas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengunjungi The Halal Science Center Chulalangkorn University di Bangkok, Thailand.

Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr.Hasyimsyah Nasution, mengemukakan hal itu kepada wartawan di Medan, Kamis (6/4/2017), sepulang dari Chulalangkorn University.

Dijelaskannya, Muhammadiyah akan berkhidmat untuk menjadi salah satu lembaga yang menggeluti keilmuan dan teknologi makanan, serta industri halal seperti dilakukan Chulalangkorn University.

Menurut Hasyimsah, yang menarik bagi PW Muhammadiyah Sumut ternyata Thailand yang berpenduduk 66 juta jiwa dan hanya tiga juta atau 4,6 persen beragama Islam mampu membangun lembaga "halal center" kredibel untuk riset maupun melindungi umat Islam dari makanan yang tidak terjamin kehalalannya. The Halal Science Center Chulalangkorn University juga melakukan penelitian kehalalan semua jenis industri, termasuk kehalalan properti.

"Ini yang menarik. Sementara Indonesia sudah sudah punya payung hukum, yakni Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014, ternyata belum optimal," kata Prof Hasyimsyah.

Ditambahkannya, PW Muhammadiyah Sumut yang dalam kunjungan tersebut menyertakan 13 pengurusnya diterima dengan baik oleh Asisten Direktur The Halal Science Center Chulalangkorn University, Prof.Husin. Ke-13 pengurus PW Muhammadiyah Sumut itu Prof.Hasyimsyah Nasution, Prof.Nawir Yuslem, Prof.Ibrahim Gultom, Dr.Abdul Hakim Siagian, Dr.Muhammad Qorib, Drs.Hosen Hutagalung, Drs.Ihsan Rambe MA, Drs.Ibrahim Sakty Batubara MAP, Drs.Mario Kasduri MA, Dr.Kamal Basri Siregar, Irwan Syahrputra MA, Abdul Mutholib MA, dan Dr.Agussani MAP.

Di kesempatan itu, Prof Husin menjelaskan perihal pendirian The Halal Science Center Chulalangkorn University hingga kini menjadi pusat studi termasyhur di dunia. Dikatakannya, The Halal Science Center Chulalangkorn University mulai dikembangkan pada 1994, dan menjadi lembaga riset resmi di Chulalangkorn University pada 2004.

Sedangkan Rektor UMSU Dr Agussani MAP yang juga Bendahara PW Muhammadiyah Sumut menyatakan, UMSU siap melakukan kerja sama dengan Chulalangkorn University untuk mengembangkan konsep yang sama di Sumut.

"Kami akan terus pelajari dan melakukan penjajakan untuk segera dilakukan kerja sama. UMSU serius di sini," katanya.

Peran Cucu KH Ahmad Dahlan

Kemajuan pesat The Halal Science Center Chulalangkorn University tidak bisa dilepaskan dari peran Winai Dahlan, cucu KHA Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadiyah.

Winai Dahlan yang sudah menjadi warga Negara Thailand itu sebagai salah satu putra Thailand berdarah Indonesia penerima "Dusdee Mala Medal", medali tertinggi dari Raja Thailand atas prestasi keilmuannya.

Orangtua Winai Dahlan sudah berdiam di Bangkok sejak 1930. Winai besar di Thailand dan menempuh pendidikan yang baik, bahkan dia kemudian mendapat gelar doktor di bidang biologi medikal terapan dari Universite Libre de Bruxxelles, Belgia, dengan predikat magna cum laude.

Mendapat dukungan penuh dari universitas dan Kerajaan Thailand, The Halal Science Center Chulalangkorn University merupakan salah satu badan penelitian pertama di dunia dengan spesialisasi bidang sains halal food.

Tujuan pendiriannya untuk membantu Komite Islam Thailand dalam melaksanakan misinya, terutama sebagai Halal Certification Agency.

Di lingkup internasional, The Halal Science Center Chulalangkorn University membangun jaringan dan kerjasama dengan laboratorium sains halal lain di dunia untuk kepentingan umat dan ilmu pengetahuan.

Selain itu, lembaga ini berperan aktif memimpin Working Group on Halal Products and Services dalam kerangka Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). (ys rat/ril/mbdc)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan