10 April 2017

Pansus III DPRD Padang Minta Penganggaran OPD Sesuai Kebutuhan Prioritas


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pansus III DPRD Padang meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dalam membuat anggaran yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan prioritas di OPD bersangkutan. Begitu juga tentang pencapaian hasilnya terhadap kepentingan masyarakat.

“Jika hanya sekedar untuk menganggarkan, namun tidak ada inovasi, kreatifitas serta perencanaan yang matang, sama saja OPD hanya bisa meminta anggaran namun pencapaian hasilnya tidak ada. Begitu juga OPD yang hanya mengejar persentase atau pencapaian dalam menghabiskan anggaran saja,” kata Ketua Pansus III DPRD Padang, Faisal Nasir terkait pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) walikota Padang tahun 2016 bersama OPD, Senin (10/4/2017).

Menurutnya, walaupun progres pencapaian realisasi OPD tahun 2016 bisa dikatakan sebagian tercapai dan sebagian tidak, namun sangat disayangkan bahwa dari realisasi yang dicapai masih ditemukan Silpa (sisa lebih penggunaan anggaran, red). Kemudian, outcome hasil yang dicapai dari belanja tidak langsung terhadap kepentingan masyarakat tidak tercapai. “Seharusnya pada belanja tidak langsung tidak terjadi Silpa, kecuali pada kegiatan tender – tender,” ujarnya.

Sekaitan itu Faisal menilai kemampuan kepala OPD untuk menghabiskan anggaran sangat rendah. Padahal, seharusnya sudah terlebih dahulu ada program kegiatan serta perencanaan dari OPD yang bersangkutan.  

Ia mencontohkan, pada Dinas Perhubungan (Dishub) mengenai pangkalan angkutan kota (angkot) di belakang kantor balaikota lama. ”Apakah saat ini sudah berjalan maksimal untuk angkot yang masuk kesana,” cecarnya.

Untuk itu pansus berharap, OPD seharusnya membuat suatu perencanaan untuk fisik setahun sebelum kegiatan dilaksanakan. Dengan demikian ketika perencanaan sudah matang di waktu penganggaran cair, maka kegiatan tersebut dapat langsung berjalan. “Sayangnya, yang banyak terjadi adalah kegiatan berjalan di akhir–akhir tahun. Tentu saja kegiatan sedemikian pada akhirnya tidak terselesaikan secara maksimal,” ujarnya. (mul/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan