06 April 2017

Padang Siap Sebagai Kota Cerdas Bencana


JAKARTA, (GemaMedianet.com) – Kesiapan Kota Padang sebagai Kota Cerdas Bencana terus digalakkan. Hal itu ditunjukkan dengan diluncurkannya pelbagai program cerdas bencana oleh Pemerintah Kota Padang. Diantaranya Keluarga Cerdas Bencana, Sekolah Cerdas Bencana, Kelurahan Cerdas Bencana, Hotel Cerdas Bencana, Tempat Les Cerdas Bencana, Pasar Cerdas Bencana, Rumah Ibada Cerdas Bencana, Rumah sakit Cerdas Bencana, Mall Cerdas Bencana, dan Kampus Cerdas Bencana.

Demikian dikatakan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo ketika beraudiensi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei di Kantor BNPB Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Turut hadir dikesempatan tersebut, Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hervan Bahar, dan Kepala Dinas Pendidikan Barlius.

Mahyeldi juga menyampaikan, Kota Padang tengah mempersiapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada 28 April mendatang, dengan melibatkan peserta lebih kurang 98.000 orang yang berasal dari pelajar dan masyarakat Kota Padang, serta pihak Hotel dan perguruan tinggi. Acara tersebut juga menggelar uji sirine, uji shelter, dan evakuasi mandiri.

“Atas nama Pemko Padang, saya mengucapkan terimakasih kepada BNPB atas bantuan alat-alat kebencanaan selama ini ke Kota Padang. Termasuk bantuan 1 unit kendaraan operasional, rehabilitasi dan rekonstruksi sheet pile di Kecamatan Bungus Teluk Kabung dengan dana sebesar 3,7 Miliar,” ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan, pada Seminar Indian Ocean Government Local Forum (IOLGF) yang direncanakan pada 3 Mei nantinya, salah satu topiknya adalah tentang kebencanaan.

Sementara Kepala BNPB, Willem Rampangilei menyambut baik dan mendukung penuh program yang dibuat oleh Kota Padang, khususnya di bidang kebencanaan. Dan optimis, Kota Padang bisa mewujudkan sebagai Kota Cerdas Bencana yang selalu siap serta memahami mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.

“Saya akan menjadi narasumber tentang kebencanaan pada acara IOLGF tersebut,” kata Willem. Ia berharap, dengan seminar tersebut akan ada deklarasi tentang penguatan sekolah-sekolah yang ada di kawasan rawan bencana, khususnya tsunami.

Walikota Padang besera rombongan di kesempatan itu juga mengunjungi ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Centre (gabungan BNPB se-Asean) di Jakarta, sebagai lembaga yang selalu memantau bencana yang terjadi di Negara-negara anggota Asean. (LL/Wd)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge