09 April 2017

Kapolres Solsel: Aktivitas Illegal Mining di Solsel Menurun

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Geliat aktivitas illegal minning (pertambangan ilegal) di Solok Selatan (Solsel) menunjukkan penurunan aktivitas. Hal ini berdasarkan pantauan pihak Kepolisian Resort (Polres) setempat sepekan belakangan.

Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil pada awak media, Minggu (9/4/2017) menyebutkan setelah mengeluarkan Surat Edaran berupa imbauan pada pihak terkait dan masyarakat disekitar lokasi penambangan pada awal Maret 2017, kegiatan penambangan emas ilegal yang menggunakan alat berat nyaris bersih. "Dari hasil pantauan personil dibeberapa titik, kegiatan tambang emas di Solsel yang menggunakan alat berat sudah tidak ada lagi kecuali yang menggunakan cara konvensional," katanya.

Setidaknya, imbuhnya ada tiga titik yang dipantau pihaknya diantaranya Pinti Kayu, Kecamatan KPGD. Jujutan Sangir dan nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari. "Ditemukan sekitar 40 unit alat berat namun, yang bisa beroperasi sekitar 15 unit tapi, tidak beroperasi lagi dan itupun tidak bisa keluar karena akses jalan yang sulit tepatnya di daerah Pinti Kayu," ucapnya.

Ia berharap, segala izin penambangan hendaknya menjadi perhatian pihak terkait serta dievaluasi secara berkala. "Masa status perusahaannya dalam tahap eksplorasi terus. Diragukan ini sebagai modus, padahal mereka itu melakukan produksi penambangan," ketusnya.(Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge