01 April 2017

Hati-hati ! "Drone" Telah Disalahgunakan Untuk Distribusi Narkoba


PADANG (GemaMedianet.com) – Tidak ada yang tak mengenal 'drone'. Kendaraan udara berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter ini kini telah disalahgunakan.

"Saat ini drone telah digunakan oleh oknum tertentu untuk distribusi narkoba," ungkap Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo saat rapat Kominda di Balaikota Padang, Jumat (31/3/2017).

Pesawat "drone" yang dikendalikan dengan remote control itu ditenggarai telah menyasar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Narkoba dapat masuk ke dalam Lapas melalui alat ini. Dengan menyelipkan narkoba di "drone" tersebut, kemudian pengendali menerbangkan "drone" menuju ke dalam Lapas.

"Kita tengah berupaya menyikapi bagaimana 'drone' ini bisa kita kendalikan," ujar Mahyeldi.

Seperti diketahui, pada awalnya "drone" hanya digunakan oleh pihak militer. Saat ini penggunaan "drone" sudah semakin meluas. Selain pihak militer, "drone" juga biasanya digunakan oleh badan pemerintah terutama yang ada hubungannya dengan intelijen dan pertahanan. Bahkan kini "drone" digunakan oleh masyarakat awam.

Secara garis besar, jenis "drone" dapat dibagi ke dalam dua kelompok utama yaitu "drone" militer dan "drone" komersial. "Drone" militer adalah jenis yang digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintah. Sedangkan "drone" komersial bisa dibeli dan digunakan oleh masyarakat awam.

Selain itu "drone" juga dapat digunakan untuk membawa berbagai barang. Beberapa tahun belakangan, "drone" sudah digunakan sebagai fasilitas untuk mengirim barang oleh beberapa perusahaan di Amerika Serikat.

Karena ukuran "drone" yang digunakan untuk keperluan pengiriman barang relatif kecil, barang yang bisa dikirim dengan "drone" biasanya memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Rata-rata drone yang digunakan untuk mengirim barang biasanya mampu membawa beban hingga 500 gram sampai 1 kilogram.

Selain digunakan untuk mengirim barang, "drone" juga sering digunakan dalam proses pembuatan film untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera dari ketinggian.(Charlie)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge