18 April 2017

Antisipasi Kemarau, Solsel Bangun 5 Embung Untuk Mengairi Sawah Petani

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) mendapatkan alokasi pembangunan empat embung irigasi pertanian yang akan mengairi sawah masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Solsel, Tri Handoyo pada awak media, Senin (17/4/2017). "Bantuan yang bersumber dari APBN tersebut diperoleh oleh empat kelompok tani," terangnya.

Ia menambahkan, empat embung tersebut pembangunannya dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani (Keltan) ditiga Kecamatan Sangir, yakni Keltan Sungai Bayu, Rancak Saiyo dan keltan Mina Permata Lestari. Sedangkan satu keltan lagi di Kecamatan Sangir Batanghari, nagari Pantai Cermin yakni keltan Sari Buah. "Pagu dana tiap embung sebesar Rp100 juta, dengan kapasitas volume air 500 meter kubik per embung untuk mengairi sawah," ungkapnya.

Menurutnya, proses pengerjaan masih menunggu dana masuk  ke rekening kelompok tani. "Yang mengerjakan kelompok, kita tinggal mengawasi dan meberikan rekomendasi. Namun, rancangan atau model menggunakan dana pendampingan APBD Solsel,"tambahnya.

Sementara, Kasi Lahan dan Irigasi, Dinas Pertanian Solsel, Arianto Avendo mengatakan untuk pembangunan embung yang bersumber dari dana APBD Solsel ada satu embung di nagari Ranah Pantai Cermin dengan anggaran Rp 170 juta.

"Untuk pengerjaan saat ini masih menunggu hasil survei tim Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) dan setelah hasil survei  baru dibuatkan perencanaan melalui pihak ketiga. Hal ini,  sebagai penunjang ketersediaan air dan cadangan air untuk mengairi sawah petani dikala menghadapi musim kemarau," tutupnya. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge