01 April 2017

Anggota DPRD Kota Padang Ikuti Bimtek di Jakarta



PADANG, (GemaMedianet.com) – Dalam rangka membahas pedomn dan teknis evaluasi LKPJ kepala daerah APBD tahun 2016 serta optimalisasi fungsi pengawasan DPRD terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Jakarta, sejak 29 Maret hingga 2 April 2017. 


Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra mengatakan, materi kegiatan Bimtek yang berlangsung di Hotel Balairung Jalan Matraman, Jakarta Timur itu diantaranya pedoman pertanggungjawaban APBD, audit BPK terhadap APBD, telaah Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang bantuan bansos dan hibah, serta terkait UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selain itu, sebut Wahyu, juga dibahas LKPj Kepala Daerah sebagai laporan informasi penyelenggaraan kepala daerah selama satu tahun anggaran atau jabatannya. Dalam hal ini pemerintah harus menyampaikan laporannya ke DPRD, serta apa tujuan LKPj kepala daerah itu, untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan di pemerintah setempat,” sebut Wahyu dari Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Wahyu menjelaskan, selama ini masih ada kegiatan-kegiatan yang setelah ditetapkan di APBD, tetapi bisa menimbulkan persoalan hukum. “Kesalahan perubaham administrasi walaupun tidak ada merugikan negara, ya sama saja telah membuat suatu kesalahan. Karena dalam hal ini pemerintah harus by name by address, pada setiap mata anggaran yang akan dipergunakan,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, pemerintah boleh saja menggunakan anggaran seperti saat terjadi bencana alam, karena jika tidak dibantu anggaran maka akan terjadi efek yang lebih parah. Namun, harus tetap ada persetujuan dari DPRD. “Intinya, semua laporan mengenai penggunaan anggaran harus diketahui DPRD, dan tidak boleh anggaran itu naik di tengah jalan. Apabila ada indikasi pidana dalam penggunaan anggaran tentu saja prosesnya dilalui secara hukum,” tukasnya. (em/mul)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan